Friday, January 21, 2011

MTQ KE 8 TINGKAT KECAMATAN BAJUBANG DI ADAKAN DI DESA POMPA AIR






Muara Bulian : Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) atau lomba membaca Al Quran tingkat Kecamatan Bajubang yang dibuka oleh Camat Bajubang ADNAN Sos jumat (21/1) siang acara tersebut cukup meriah. Pasalnya, tak hanya masyarakat yang terlihat antusias untuk menyaksikan kegiatan yang terpusat di desa pompa air . Jumlah pesertanya pun cukup banyak. Dari total perwakilan 1 kelurahan dan 8 desa diantaranya Kelurahan bajubang ,desa bungku,desa Ladang peris,desa sungkai,desa penerokan,desa mekar jaya,desa batin,desa petajen dan tuang rumah desa pompa air jumlah pesertanya mencapai 134 orang. Itu dengan perhitungan, tiap mata lomba, diikuti dua peserta yakni laki-laki dan perempuan.

"Ini persiapan kita untuk mencari peserta yang bakal mengikuti MTQ tingkat kabupaten batang hari nantinya. Jadi yang juara I, akan dikirim menjadi Duta kecamatn bajubang di ajang MTQ Kabupaten," terang adnan camat bajubang kepada beberapa wartawan.
Disebutkan, beberapa mata lomba di antaranya seperti tartil anak-anak, tilawah tingkat anak-anak, remaja dan dewasa, hifzil Quran, tafsir Quran, fahmil Quran, syahril Quran, serta kaligrafi.
"Rencana, kegiatan ini akan berlangsung sampai minggu (23/1) nanti," tuturnya.
Untuk kegiatan itu, terang Camat bajubang itu, lebih banyak dilaksanakan pagi dan malam hari. Sementara siang hari, kebanyakan kosong dengan maksud untuk memberikan kesempatan kepada peserta mempersiapkan diri.
Selain untuk persiapan menjelang MTQ Kabupaten, kegiatan tersebut bertujuan untuk memantapkan semangat ukhuwah Islamiah, meningkatkan kualitas seni baca Quran, serta memantapkan pemahaman dan pengamalan terhadap isi kandungan Al Quran.
"Dan yang tidak kalah penting, kegiatan ini bertujuan untuk membangun partisipasi umat Islam dalam rangka membentuk tatanan masyarakat yang madani," imbuhnya.

No comments:

Post a Comment