Saturday, January 22, 2011

Februari, PTPN II Kebun Helvetia Panen 28 Ribu Ton Gula Tebu Dihasilkan

S



HAMPER - Direncanakan Februari 2011 ini lahan perkebunan tebu seluas 350 hektar yang saat ini dikelola PTPN II Kebun Helvetia akan panen menghasilkan sekitar 28 ribu ton gula.

Sedangkan luas areal 160 hektar saat ini sedang ditanami tembakau, 346, 56 hektar sawit, 53, 43 tanaman Jati selebihnya areal ditanami ubi maupun jagung yang merupakan Kerja Sama Operasi/usaha (KSO) seluas 613,23 Ha.

Hal itu dijelaskan Ir.Fauzi selaku Manager PTPN II Kebun Helvetia saat ditemui wartawan (22/01/2011) di ruang kerjanya dalam menyingkapi prospek kedepan kebun Helvetia yang saat ini memiliki total lahan seluas 1848 Ha dengan mengantongi Hak Guna Usaha (HGU) nomor 111 tersebut.

Fauzi optimis, 28 ribu ton gula dari sejumlah kebun tebu yang ada dapat dihasilkan sesuai target, jumlah ini diperkirakan meningkat ketimbang tahun lalu. ADM serta Manager kebun Helvetia ini juga mengaku jauh lebih mudah merawat kebun tebu ketimbang kebun tembakau, meski begitu kebun tembakau seluas 160 hektar tetap dipertahankan guna menghasilkan tembakau cerutu berkwalitas.

Selain tak membutuhkan sejumlah sumur serta perawatan ekstra, perkebunan tebu masa perawatannya hanya berlangsung 3 bulan saja, lain halnya dengan kebun tembakau, mulai dari bibit hingga masa panen harus benar-benar diperhatikan agar tak gagal panen maupun diserang hama. Urai Manager Kebun Helvetia yang saat ini membawahi sekitar 665 karyawan kebun.

No comments:

Post a Comment