Thursday, March 18, 2010

Akhirnya Pengebor Pipa Pertamina Ditangkap

18 March 2010 06:37

Tiga tahun beraksi tidak ada tindakan, akhirnya dua pengebor pipa Pertamina dibekuk Polres KPPP Belawan, Rabu (17/3). Kedua tersangka ST alias Ketua (34) dan LH alias Ketek (34) masing-masing warga Pasar Lama Kampung Tempel Kelurahan Pekan Labuhan. Dari kedua tersangka diharapkan bisa mengungkap jaringan yang lebih besar.


Kasat Reskrim Polres KPPP Belawan AKP Dony Alexander Sik Kasat mengatakan, kedua tersangka melakukan pengeboran pipa instalasi milik Pertamina Medan Group yang melintas di kawasan permukiman warga di Jalan Pasar Lama Pekan Labuhan. Pipa tersebut berfungsi mengalirkan BBM dari kapal tanker yang sedang sandar di dermaga Pelabuhan Belawan menuju depot instalasi pemasaran Pertamina Jalan KL Yos Sudarso Labuhandeli.


Keduanya terakhir beraksi pada 4 Maret lalu dengan cara melubangi pipa dan memasangkan kran.


Ketika ada kegiatan menyuplai BBM dari kapal tanker, kran mereka buka kemudian menyambungkannya dengan selang untuk mengalirkan BBM curian milik PT Pertamina Medan Group ke bak penampungan yang tersedia di depan rumah seorang warga berinisial Ram. Rumah yang dijadikan lokasi penampungan BBM curian itu pun digerebek.


Dari lokasi penampungan BBM, polisi menyita sejumah barang bukti berupa, 2 drum dan 2 jerigen berisi 500 liter bensin, 4 potong selang plastik dengan panjang 100 meter dan sebuah kran besi yang tersambung selang sepanjang 2 meter. Sedangkan Ram kabur dan hingga kini masih diburon.


Informasi diperoleh, penyulingan BBM Pertamina di areal rumah Ram sudah berlangsung bertahun-tahun, namun baru kali ini digrebek Polres KPPP Belawan.


Pekan lalu, Pertamina mengumumkan adanya pencurian minyak dengan cara mengebor pipa yang menjulur sepanjang 10 Km dari Belawan ke Labuhandeli. Security Depot Pertamina Pelabuhan Belawan, Karnas Girsang bersama petugas keamanan lainnya menemukan dua titik lubang bekas pengeboran masing-masing berdiameter 1 inci dan pipa sepanjang 500 meter di perairan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPN) Gabion Belawan. Meski pencurian diduga berlangsung lama, anehnya selama ini tidak satu pelaku pun tertangkap.

No comments:

Post a Comment