Wednesday, March 24, 2010

Pemerintah Tangani Situasi Darurat Karawang




(ANTARA/M.Ali Khumaini)Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Kesra Agung Laksono mengatakan bahwa pemerintah masih memfokuskan upaya penanganan situasi darurat akibat banjir di Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Sekarang ini menanggulangi tanggap darurat, seperti pengungsi dan sebagainya," katanya di Kantor Wapres di Jakarta, Rabu.

Menurut Agung, dalam situasi darurat itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sudah melakukan berbagai tindakan di Karawang. Kementrian Sosial juga telah diinstruksikan untuk memberikan bantuan kepada korban banjir.

"Setelah itu baru dihitung angka-angka kerugian," ujar Agung menambahkan.

Ia mengatakan, meski masih banyak kekurangan dalam penanganan situasi darurat di Karawang, namun situasi di wilaya itu pasca bencana banjir relatif terkendali. "Secara umum menurut Pak Bupati (Karawang) sudah terkendali," katanya.

Belasan hektar padi siap panen di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, tergenang banjir akibat luapan Sungai Citarum sejak Sabtu (20/3) pekan lalu. Petani mengaku rugi karena mutu dan harga gabah anjlok.

Banjir di sekitar aliran Sungai Citarum hingga Minggu (21/3) menggenangi sedikitnya 1.407 rumah yang tersebar di dua desa di Kabupaten Purwakarta serta sedikitnya delapan desa/kelurahan di Kabupaten Karawang. Lima desa di antaranya tergenang sejak Kamis pekan lalu.

No comments:

Post a Comment