Sunday, January 17, 2010

“Dokter Guli-Guli” Praktik Di Lapas Anak

Medan, 6/1 (antarasumut.com) - Praktik “dokter guli-guli” yang memberi layanan memasukkan benda kecil ke dalam kulit luar kelamin anak lelaki berkeliaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Anak Tanjung Gusta Medan.

“Hingga kini masih ada sekitar empat “dokter guli-guli” di Lapas Anak Medan,”kata Kordinator Lapangan Divisi Remaja Yayasan Galatea Medan, Hengky, di Medan, Rabu.

Ia menjelaskan, beredarnya praktik itu berawal dari merebaknya mitos di kalangan anak lapas itu, bahwa pemakaian guli-guli di wilayah vital tersebut dapat menambah vitalitas dan kepuasan seksual.

Selain itu, pemasangan guli-guli itu, dianggap sebagian kalangan anak yang berhadapan dengan hukum itu, sebagai hadiah setelah keluar dari lapas itu.

“Sejak tahun 2002 sampai sekarang isu mitos itu masih beredar di lapas itu dan ketika ditanyakan ke mantan napi anak yang telah menggunakan alat itu di luar, memang mengakui ada sedikit khasiat pemakaiannya”katanya.

Menurut Hengky, praktik guli-guli itu, cukup berpotensi menyebabkan penularan penyakit mematikan HIV/AID yang mengancam kesehatan anak di lapas itu.

Ia menambahkan, diperkirakan dari 100 anak di lapas, sekitar 75 anak cukup beresiko tertular penyakit mematikan itu.

Ia mengungkapkan, berdasarkan penelitian tentang potensi penularan HIV/AIDS yang pernah dilakukan pada tahun 2003 di Lapas Anak Medan, dari 450 populasi yang diperiksa, ternyata terdapat sekitar 20 anak yang dinyatakan positif mengidap penyakit menular itu.

Salah satu napi Lapas Anak Medan, berinisial YA mengakui, bahwa kini masih ada “dokter guli-guli” di lapas anak itu.

Hengky menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai pendidikan terhadap anak di Lapas Anak Medan itu, terkait bahaya penggunaan guli-guli serta ketidakbenaran mitos itu.

Selain itu, berbagai penyuluhan dan pembekalan bagi anak, sebagai persiapan untuk menjalani interaksi sosial di masyarakat juga diberikan.

Pembekalan itu, khususnya diberikan kepada anak, agar mereka bisa meraih masa depan, sama seperti anak lainnya yang berada di luar lapas. (So3MOS/R02MOS)

No comments:

Post a Comment