Sunday, January 24, 2010

13 camat tunggak Raskin terancam pidana

KIKI SAFITRI

MEDAN - Pembayaran beras miskin ( raskin) di 13 kecamatan belum juga tuntas sampai saat ini. Bila sejumlah camat berdalih Raskin tidak laku, kenyataannya Raskin di seluruh kecamatan tak ada yang tersisa. Ketika ditemui, Kamis (21/01), Koordinator penyaluran raskin, Harmes Jhony menyampaikan, sampai saat ini belum
dilunasi piutang Raskin di 13 kecamatan dan Raskinnya telah habis.

"Sekarang ini telah habis raskin di Kota Medan, jadi tidak benar kalau tak laku,"ucapnya.

Harmes menerangkan, untuk penyaluran Raskin 2009 di Kota Medan telah tuntas. Namun, sebanyak 13 kecamatan ini masih menunggak Rp 2.380.000. Hal inilah yang bisa menjadi kendala penyaluran Raskin 2010 di 13 kecamatan tersebut. Dia menyatakan, kendala pembayaran ini belum diketahui pasti, sebab penerima Raskin yang terbesar di Kota Medan adalah kecamatan Medan Belawan. Tapi, kecamatan ini telah melunasi pembayaran Raskin dan telah tuntas seluruhnya.

Berdasarkan data penyalurannya, penyaluran Raskin 2010 ada penurunan. Bila pada 2009 penyaluran untuk Kota Medan mencapai 82 ribu, pada 2010 menjadi 79 ribu. Sementara itu, data penyaluran per kecamatan belum bisa diputuskan sebab data yang berasal dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Medan masih dibahas di Pemprovsu. Setelah diputuskan di Pemprovsu baru disampaikan ke Kota Medan untuk dibuat salinan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Medan.

Editor: ANGGRAINI LUBIS

No comments:

Post a Comment