Tuesday, January 19, 2010

DUBES KERAJAAN DENMARK KUNJUNGI CANDI MUARO JAMBI

Duta Besar (Dubes) Kerajaan Denmark, Boerge Petersen bersama isterinya didampingi Pelaksana Tugas (Peltu) Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi Drs Satria Budhi mengunjungi Candi Muarojambi. Selain candi Muarojambi, Dubes Denmark juga mengunjungi sejumlah pusat kerajinan di Jambi.

Diantaranya Sanggar Batik Seri Tanjung PKK Provinsi Jambi, Balai Kerajinan Rakyat Selaras Pinang Masak Mudung Laut Seberang Kota Jambi dan Candi Muaro Jambi serta tempat-tempat lainnya yang ada di Provinsi Jambi.

Kunjungan itu dilakukan sejak Rabu-Kamis (27-28/5). Duta Besar Kerajaan Denmark bersama isterinya ke Candi Muaro Jambi ini disambut Bupati Muaro Jambi H. Burhanuddin Mahir beserta jajaran Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dengan tarian sekapur sirih.

Dubes Kerajaan Denmark bersama isterinya langsung menuju Gedung Koleksi Kepurbakalaan Situs Muaro Jambi. Di gedung ini Dubes bersama isterinya dengan serius mendengarkan penjelasan dan cerita tentang sejarah berdirinya Candi Muaro Jambi dari petugas kepurbakalaan serta melihat langsung koleksi-koleksi benda bersejarah yang ada di Candi Muaro Jambi.

Di Candi Muaro Jambi ini Dubes Kerajaan Denmark bersama isterinya juga menyaksikan atraksi kompangan serta tari-tarian daerah yang berasal dari Kabupaten Muaro Jambi.

Menurut, Reporter TVRI Pusat Jakarta yang juga pengurus dari Even Organizer Jakarta, Devy, kunjungan Dubes Kerajaan Denmark ini adalah merupakan sebuah kunjungan yang bersahabat dalam rangka sebuah acara yang namanya colour of the world.

Yaitu sebuah acara yang mengajak para duta besar dari negara sahabat untuk bertandang ke provinsi-provinsi yang ada di Indonesia. Sampai saat ini kita sudah menerbangkan sebanyak 14 duta besar ke provinsi-provinsi yang ada di Indonesia. Dan kebetulan Dubes Kerajaan Denmark ini memilih Provinsi Jambi.

“Dipilihnya Provinsi Jambi oleh Dubes Kerajaan Denmark ini adalah karena menurut Dubes dari Kerajaan Denmark tersebut Provinsi Jambi adalah suatu tempat yang memang belum pernah didatanginya. Disamping itu juga karena dirinyapun (Dubes) kebetulan adalah seorang yang suka dengan kultur ataupun budaya serta juga mempelajarinya, dan kebetulan juga isterinya pun adalah seorang yang amat suka dengan batik,” katanya. ruk

No comments:

Post a Comment