Monday, November 15, 2010

CAMAT BAJUBANG:PORBBI BISA JADI SOLUSI ATASI HAMA BABI




Muara bulian-media swara indonesia

Camat Bajubang Adnan So,s mengatakan kepada media swara indonesia usai melihat Persatuan Olah raga Berburu Babi Indonesia (PORBBI) di desa penerokan tepatnya didepan kantor camat Km 48 .olah raga buru babi merupakan olah raga yang bisa membantu masyarakat mengatasi hama babi yang sering dikeluhkan warga .coba kita lihat kalau udah musim penghujan di kecamatan bajubang dipingir jalan pasti sering kita temui bekas jejak babi di sana-sini. dengan adanya kegiatan PORBBI yang merupakan solusi bagi petani ucapnya.

Adnan juga menambahkan Dalam upaya membantu masyarakat petani yang ada Provinsi Jambi untuk mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, saya harapkan Porbbi tempino ,bajubang dan muara bulian agar meningkatkan perannya, agar bisa membantu masyarakat mengatasi hama babi ," ujar adnan.

Jika Porbbi berhasil mengurangi hama babi, lanjut Andan, maka pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan akan meningkat. Ini akan menjadi target dalam waktu dua hingga tiga tahun ke depan.

Disisi lain Sektaris PORBBI BAJUBANG Drs WiZARDI Kepala sekolah SMA NEGRI 5 Bajubang Di damping unsure pengurus porbbi diantara Yulius,Bujang Rambo,bahar porbbi Pal 32 kabupaten muaro jambi mengatakan , upaya membantu masyarakat petani untuk mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan, disamping itu badan kita kan sehat . PORBBI di Jambi sudah berupayan meningkatkan perannya, agar bisa membantu masyarakat.ucapnya
Hal senadah juga di katakana Yulius pengurus poorbbi bajubang kalu biasanya babi hutan menjadi mangsa dari harimau, tetapi saat ini harimau di Jambi sudah semakin langka. Sementatra hama babi yang dalam perkembangannya sangat pesat, dimana setiap kali melahirkan bisa mencapai 10-12 ekor, sehingga sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat petani.

Yulius juga menambahkan kita memintah peran aktip pemerintah kabupaten dan propinsi jambi agar dinas peternakan dapat membantu porbbi berupa anjing,kalau biasanya dinas peternakan bantu sapi,kambing sekali-kali bantu kita beliin anjing ucapnya

Sementara pantau lidah rakyat di lokasi perburuan semakin lama semangking ramau ratusan anjing berhasil membunuh dalam satu jam lima ekor babi hutan.()

No comments:

Post a Comment