Friday, March 18, 2011

JEMBATAN SUNGAI ANAK KEMBUNG BENGKALIS AKAN RUBUH



Bengkalis. Jembatan Sungai Anak Kembung di Desa Pematang Duku yang menghubungkan Kota Bengkalis menuju  Desa Ketam putih Desa Sekodi memprihatinkan.  Gelagar penyangga badan Jembatan ini bengkok dan hampir patah.  Apabila datang hujan lebat dan air pasang Laut besar dipastikan seluruh badan Jembatan tersebut tenggelam sehingga mengancam Nyawa orang yang lewat diatasnya.
Menurut Salah seorang WARGA setempat berinisial “K” didampingi beberapa warga Desa minggu lewat mengatakan kekuwatiran mereka tentang ketahanan badan Jembatan di Desanya tersebut.  Menurutnya, Kondisi Jembatan dimaksud sudah tidak layak guna, dan sudah melengkung kebawah. Bila dibiarkan terus begitu saja suatu saat bisa mengancam Nyawa orang Lewat diatasanya.  Truk maupun Mobil dipastikan akan terhenti beroperasi menunggu air surut.  Untung saja Motor Roda dua maupun barang bawaan bisa terbantu dan dapat diseberangkan warga Desa setempat menggunakan sampan-sampan milik para Nelayan setempat. Tak jarang para penyeberang  yang ingin cepat sampai kerumah atau sebalik nya dari Desa menuju Kota Bengkalis, terpaksa  merogoh kocek masing masing.  Hal ini untuk membantu warga sekitar untuk membantu sebagai balas jasa sipemilik sampan tersebut.Jembatan ini pun sudah waktunya di Bongkar habis dan di Ganti bangunan Jembatan baru lah Pak, pintanya.
Menurut salah satu pemerhati jembatan yang merupakan konsultan teknik di Kabupaten Bengkalis, Trianto Kurniawan, ST. Bahwa jembatan tersebut memang sudah tidak layak lagi.  Hal ini karena sudah terjadi settlement/penurunan pada fondasi tiang tengah yang cukup signifikan, sehingga mengakibatkan gelagar jembatan melengkung dan dikhawatirkan apabila terus terjadi penurunan, gelagar tersebut akan patah.  Selain itu space jembatan antara muka air pasang dan gelagar jembatan terlalu kecil, sehingga apabila terjadi banjir atau air pasang, jembatan tersebut akan terendam air.  Hal ini mengakibatkan gelagar akan cepat keropos sehingga umur jembatan tidak akan panjang.
Dari mulut Warga Desa Ketamputih pun terucap dan sangat mengharap kepada sang Bapak Bupati Herlian Saleh, agar Jembatan Sungai Anak Kembung ini di pioritaskan pembangunannya.  Menurut warga sarana Jalan yang memadai dan lancar dapat meningkatkan perekonomian  masyarakat Desa. Jembatan ini pun sangat penting karena merupakan jalan penghubung menuju Desa Teluk Pambang pantai Selat Malaka dan menghubungkan antara dua kecamatan, yaitu kecamatan Bengkalis dan Kecamatan Bantan.  Apabila tidak ada jembatan ini, warga desa Penebal Kec. Bengkalis yang akan ke Kecamatan Bantan dan sebaliknya warga desa Pematang Duku yang akan ke Bengkalis, harus memutar jalan kurang lebih sekitar 70 km jauhnya

No comments:

Post a Comment