Friday, March 18, 2011

PROYEK JEMBATAN PULUHAN MILY ARD RUPIAH DI BENGKALIS BERMASALAH


Bengkalis.   
Proyek Pembangunan Jembatan  bernilai Puluhan Milyard Rupiah di  Sungai Liong di Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis dalam pelaksanaan nya amburadul.Pihak Kontraktor di buat pusing tujuh keliling melihat kondisi Jembatan mengalami  penurunan. Akibat nya balok gelagar penyangga lantai jembatan yang dibentuk dari beton ini banyak yang  retak.Hal ini bisa terjadi karena dimunggkinkan akibat Tiang penyangga pondasi Jembatan tidak memenuhi standar Bestek.Bisa saja  Bestek yang dibuat oleh pihak perusahaan Consultan Perencana tidak memiliki keahlian Khusus untuk Jembatan.Bisa saja dari  pihak Consultan Pengawas  atau pihak Kontraktor yang disebut milik BUMN  lalai dalam melaksanakan pekerjaan.Yang Jelas  Jembatan kondisinya cukup mengkhawatirkan. Siapa yang bertanggung jawab dalam proyek ini?
Tidak ada kegiatan para  pekerja yang serius dilokasi pada saat ini, hanya  ada beberapa orang  saja  bergelantungan dengan alat tali menali.Mereka terlihat  menancapkan mesin bor nya kearah balok gelagar melitang  penahan lantai jembatan  beton itu..Setelah diamati  para pekerja jembatan ini seakan diperintahkan oleh pihak tertentu untuk menampal  gelagar jembatan yang telah retak- retat itu.Sehingga borok pekerjaan tidak terperhatikan banyak orang .
Papan Plang  proyek tidak ditemui dilokasi sehingga berapa besarnya dana  yang di Anggarkan Pemkab Bengkalis tidak diketahui. Menurut sumber dari  beberapa  orang warga setempat bahwa  Papan Plang dimaksud pernah ada terpampang dilokasi.Namun oleh pihak kontraktor atau pihak tertentu Papan plang Proyek dimaksud dicabut dan di sembunyikan dalam Gudang. Tidak ada satu orang pun dari pihak pekerja yang dapat memberikan komentar dilokasi,bahkan seakan menghindar dari kejaran Wartawan.Termasuk Camat Kecamatan Bantan tempat lokasi Jembatan  di Bangun tidak  berhasil ditemui di Kantornya.Menurut salah seorang  staf  Pegawai nya  bahwa  Sang Camat sedang ada urusan  Keluar Daerah.
 DPRD Bengkalis tampaknya tidak tinggal diam.Menurut  Purboyo (Bengka) Lewat Komisi nya bahwa mereka dari pihak Kontractor maupun pihak Pemkab  sudah pernah  diundang Hearing ke Gedung DPRD Bengkalis.Namun menurut Bengka bahwa Pihak Kontraktor akan berupaya untuk memperbaikinya  termasuk akan mendatangkan Ahli Jembatan dari Jerman.Memangnya tidak ada lagi orang Indonesia yang Ahli

No comments:

Post a Comment