Sunday, February 20, 2011

4 Ribu Siswa SMA akan Semarakan Hari Air Sedunia


Hari Air Sedunia
Jakarta
Sebanyak 4.000 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di DKI Jakarta, akan dilibatkan dalam gerak jalan dan seminar Save Water Fun Walk untuk memperingati Hari Air Sedunia 2011. Pelibatan itu merupakan upaya memberikan edukasi dini terkait penggunaan air bersih secara hemat dan bijaksana kepada para generasi muda.

Acara yang digagas penggiat alam terbuka dan aktifitas lingkungan Vanaprastha itu bakal dibuka Gubernur Jakarta, Fauzi Bowo di lapangan Monas pada 20 Maret 2011 mendatang.

"Air merupakan satu komoditas yang mempunyai arti dan nilai sangat penting bagi ibukota, karena itu perlu ada edukasi dini untuk menyelamatkan air bersih yang semakin langka. Saya dukung kegiatan ini karena melibatkan banyak anak muda sebagai generasi penerus kota Jakarta," kata Fauzi Bowo di Balaikota Jakarta, Rabu (9/2/2011).

Menurut Foke, sapaan akrabnya, Hari Air Sedunia merupakan peringatan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Foke pun berjanji akan membantu penyelenggaran kegiatan Hari Air Sedunia 2011 tersebut, karena isu air bersih mempunyai peranan penting bagi Kota Jakarta di masa sekarang dan masa depan.

Selain itu, dengan kegiatan ini diharapkan dapat menambah kepedulian siswa sekolah akan pentingnya nilai strategis air bersih bagi kelangsungan hidup dan perkembangan Kota Jakarta.

Sementara Pembina Vanaphastra, Adhyaksa Dault mengatakan, pihaknya akan melibatkan anak muda untuk mengkampanyekan penyelamatan air bersih. Dalam kegiatan tersebut, ribuan pelajar SMA akan diberikan pengetahuan dari Gubernur DKI tentang air bersih di Kota Jakarta.

"Tujuan mengadakan acara ini supaya menumbuhkan kepedulian dalam diri anak muda. Juga memunculkan kesadaran agar kita menggunakan air secara bijak dan hemat, karena air merupakan karunia Tuhan yang luar biasa. Sehingga kita tidak boleh membuangnya dan menggunakan secara percuma," terang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga.

Politisi asal PKS itu mengatakan, langkah konkrit dari kegiatan tersebut adalah memberdayakan anak muda untuk memanfaatkan air dengan baik, hemat dan bijaksana di sekolah masing-masing.

Sehingga, katanya, mereka bisa menularkan sikap positif tersebut kepada keluarga dan lingkungannya di rumah.

"Penyelamatan air kita mulai dari lingkungan sekolah dan keluarga terlebih dulu. Kami harapkan mereka bisa menularkannya kepada orang tua dan saudara mereka lainnya. Ini merupakan langkah yang efektif untuk menyelamatkan air," tegasnya.

No comments:

Post a Comment