Saturday, April 16, 2011

2011, Batanghari Bangun Jaringan Listrik di 22 Desa

MUARABULIAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menargetkan lima tahun ke depan semua desa di Kabupaten Batanghari sudah dialiri listrik. Untuk tahun ini Pemkab Batanghari melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menganggarkan dana untuk pembangunan jaringan listrik tersebut.

Dana APBD Kabupaten dianggarkan untuk pembangunan jaringan di 22 desa dari delapan Kecamatan. Bupati Batanghari Abdul Fattah, mengatakan sesuai dengan visi-misinya melakukan pemerataan pembangunan di Kabupaten Batanghari akan dijalankan di masa kepemimpinannya lima tahun ke depan. Pembangunan jaringan listrik menjadi prioritas Pemkab, karena disadari di Bumi Serentak Bak Regam masih banyak desa yang belum teraliri jaringan listrik.

‘’Insya Allah seluruh desa di Kabupaten Batanghari yang belum teraliri listrik bisa seperti desa lainnya mendapatkan penerangan," ungkap Bupati. Dijelaskan Fattah, kewajiban Pemkab Batanghari yaitu membangun jaringan listrik, untuk masalah api pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak PLN. Karena jaringan yang sudah dibangun nantinya akan dihibahkan kepada pihak PLN. Selain pembangunan jaringan listrik dari dana APBD, Pemkab Batanghari juga mendapat bantuan jaringan listrik melalui dana APBD Provinsi dan berasal dari dana APBN. Dengan terjalinnya komunikasi antara Pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pemerintah Pusat, maka rencana Pemkab menyelesaikan pembangunan jaringan listrik akan mudah dicapai.

Bupati berharap kepada masyarakat di desa yang belum teraliri listrik untuk bersabar, karena pembangunan jaringan tersebut tidak bisa dilakukan dalam satu tahun. Perlu disadari bahwa pembangunan tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari masyarakat. Pembangunan jaringan listrik akan lakukan berdasarkan skala prioritas. Pemkab akan berusaha semaksimal mungkin untuk tercapainya visi-misi Batanghari BERLIAN.  Selain itu Bupati juga meminta bantuan dari pihak desa dan masyarakat yang nantinya bakal dialiri listrik untuk membantu. Seperti di Desa Kaos Kecamatan Pemayung adanya kendala dalam pendistribusian material jaringan listrik karena adanya jembatan yang rusak. Karena jembatan penghubung tersebut tidak kuat dilewati kendaraan bertonase tingggi. ‘’Pihak desa dan masyarakat harus membantu adanya permasalahan di bawah, terutama melakukan penebangan kayu yang bakal dilalui jaringan listrik," ungkap Bupati.
Sekadar diketahui untuk di Kecamatan Mersam, Desa Belanti Jaya, Desa Bukit Kemuning, Desa Tapah Sari Desa Bukit Harapan bakal dibangun jaringan listrik. Kemudian di Kecamatan Maro Sebo Ulu, desa yang bakal dibangun jaringan listrik adalah Desa Kembang Seri, Desa Kampung Baru dan beberapa desa lainnya. Di Kecamatan Batin yaitu Desa Simpang Jelutih, Desa Terentang Baru. Untuk jaringan listrik di Kecamatan Bajubang, yaitu Desa Sungkai, Desa Bungku, kemudian di Kecamatan Pemayung, Desa Kaos, Desa Pulau Raman dan desa lain.
Salah seorang tokoh masyarakat Desa Bukit Harapan Kecamatan Mersam, Nazaruddin sangat mengharapkan program Pemkab Batanghari bisa berjalan sesuai rencana. Karena penerangan listrik sudah lama mereka dambakan. Saat ini di tempat mereka mendapatkan penerangan hanya dengan jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD). Penerangan PLTD di desa mereka sangat dibatasi waktu, penerangan hanya bisa dinikmati dari pukul 18.00 WIB sampai dengan pukul 01.00 WIB. Biaya yang dikeluarkan perbulannya juga sangat tinggi dibandingkan dengan biaya pembayaran listrik.

‘’Semoga program Pemkab Batanghari bisa terwujud secepatnya. Kami akan mendukung program pemerintah untuk kemajuan pembangunan di kabupaten ini. Karena saat ini biaya yang dikeluarkan untuk biaya PLTD cukup tinggi," ungkapnya.Mereka siap untuk membantu penebangan kayu yang dianggap mengganggu dalam pemasangan jaringan listrik. Mereka juga berharap tidak terjadinya kendala yang bisa menyebabkan ditundanya pembangunan jaringan listrik di Desa mereka. (jun)

Desa Bakal Dibangun Jaringan Listrik :
1. Desa Mekar Jaya - Bungku
2. Desa Simp Rantau Gedang - Sungai Gondang
3. Desa Sungkai
4. Jalan Talang Inuman Kecamatan Muarabulian
5. Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Muaratembesi
6. Desa Pelayangan Rambahan Kecamatan Muarabulian
7. Desa Tanjung Pasir Kecamatan Muaratembesi
8. Desa Jelutih Kecamatan Batin XXIV
9. Kampung Baru Seberang Kecamatan Maro Sebo Ulu
10. Simpang Pete Sei Buluh Kecamatan Muarabulian
11. Kembang Seri Seberang Kecamatan Maro Sebo Ulu

No comments:

Post a Comment