Wednesday, December 9, 2009

11 Nakhoda Kapal Ikan Thailand Diserahkan ke Kejari Belawan



Written by Chairul Anwar
Friday, 20 November 2009

Berkas kasus pencurian ikan yang dilakoni 11 nakhoda kapal ikan Thailand yang ditangkap patroli Dirjen Perikanan dan Kelautan awal Oktober lalu dilimpahkan penyidik perikanan Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) Belawan ke Kejaksaan Negeri Belawan, Kamis (19/11).


Selain menyerahkan 11 nakhoda, penyidik perikanan juga menetapkan 10 dari 11 kapal yang diamankan disita untuk negara, karena satu kapal hanya berperan sebagai kapal pelansir yang masuk ke wilayah perairan Indonesia, tetapi tidak dapat dibuktikan mencuri ikan. "Satu kapal tidak melakukan aktivitas pencurian ikan karena alat tangkap disimpan di dalam palka, tugas kita sebagai penyidik perikanan hanya dapat membuktikan 10 kapal yang terbukti melakukan pencurian ikan," ujar Slamet, Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Belawan saat dikonfirmasikan Global, Kamis (19/11).


Menurut Slamet, pihaknya menetapkan 11 nakhoda kapal ikan berbadan lebar itu sebagai tersangka yang berkasnya diserahkan ke pihak ke jaksaan untuk disidangkan, sementara terhadap 10 kepala kamar mesin yang ditetapkan sebagai saksi masih berada dalam pengawasan penyidik. "Mereka turut dalam kapal yang ditangkap petugas pengawas perikanan saat itu," bilang Slamet,


Saat ditangkap sebenarnya petugas menangkap 13 kapal ikan Thailand. Namun, petugas terpaksa melepas dua kapal yang tertangkap untuk mengangkut 127 ABK kembali ke Thailand. Pemulangan ini karena mereka tidak mempunyai dokumen paspor dan diperkirakan akan menyulitkan bagi DKP untuk menanggung biaya selama penyidikan.


Saat menyerahkan para tersangka ke Kejari Belawan, Slamet berharap para tersangka bisa menjalani proses persidangan di pengadilan. Pejabat yang mengawasi perairan di tujuh provinsi di pulau Sumatera itu juga menyebutkan para nakhoda kapal ikan Thailand itu melanggar pasal 9 dan pasal 27 ayat 2 UU No 31 Tahun 2004 tetang Perikanan. "Ancaman hukumannya 6 tahun penjara dan denda Rp6 miliar serta kapalnya dirampas untuk negara," katanya.



11 KAPAL IKAN THAILAND YANG DIAMANKAN
NO NAMA KAPAL
1 KM Tuna VIII No 1375/ PPb
2 KM Tuna VI No. 371/ PPb
3 KM Tuna IX No. 1376/ PPb
4 KM Antariksa No 861/ PPb
5 KM Tuna III No 136/ PPb
6 KM Makmur Indah No 2596/ PPb
7 KM Bintang Laut No 233/ PPi
8 KM Bintang Maju No 876/ PPf
9 KM Hasil Jaya No 880/ PPi
10 KM Bintang Jaya No 887/ PPi
11 Kapal beraksara Thailand No 3.28. 09. 30994



Chairul Anwar | Global | Belawan

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete