Thursday, December 31, 2009

Pemilihan Kepala Desa di Deli Serdang Ricuh

Rabu, 30 Desember 2009
Penulis : Yennizar Lubis


MEDAN--MI: Pemilihan kepala Desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten
Deli Serdang, Sumatra Utara, Rabu (30/12), berlangsung ricuh karena sejumlah warga mengamuk di tempat pemungutan suara dan menolak pemilihan itu.

Mereka menerobos masuk dan berusaha menggagalkan pelaksanaan pemilihan kepala desa karena menurut mereka pemilihan tersebut direkayasa untuk membatalkan hasil pemilihan yang berlangsung pada 31 Januari lalu.

Namun, usaha mereka dihalang-halangi belasan petugas kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Deli Serdang yang menjaga pelaksanaan pemilihan itu.

Ketua Badan Perwakilan Desa Namorih Ahmad Imbas yang menolak dilaksanakannya pemilihan ulang kepala desa mengatakan pemilihan itu merupakan kosnpirasi dan rekayasa. "Pemilihan sudah dilakukan pada 31 Januari lalu dan kita akan mengambil langkah hukum untuk membatalkan pemilihan ini," katanya.

Sementara itu, Camat Pancur Batu Haris Binar Ginting mengatakan hasil pemilihan kepala desa pada 31 Januari lalu dibatalkan karena pelaksanaannya cacat.

Selain membatalkan hasil pemilihan kepala desa sebelumnya, panitia pemilihan kecamatan juga menganulir dua calon kepala desa lama dan memasukkan daftar dua calon yang baru. Salah seorang calon di antaranya adalah kepala desa yang saat ini masih menjabat.

Akhirnya pemilihan kepala desa tetap berlangsung hingga penghitungan suara usai di bawah penjagaan ketat pihak kepolisian. (YN/OL-01)

No comments:

Post a Comment