Thursday, December 31, 2009

KP3 Belawan dan Denintel I/BB Amankan Proyektil Meriam Aktif




Foto: Khairul Ikhwan/detikcom Selasa, 29/12/2009



Medan - Polres Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Belawan mengamankan 64 proyektil meriam hasil temuan di muara sungai Belawan, Kelurahan Bagan Deli, Ujung Tanjung, Medan Belawan. Kuat dugaan, proyektil meriam berdiameter 76 milimeter, panjang 25 centimeter dan berat sekitar 2 kilogram tersebut merupakan sisa Perang Dunia II.

Penemuan mortir ini bermula dari suara ledakan yang sempat menghebohkan warga. Beruntung, tidak ada korban dari peristiwa ini. Mendapat laporan, Detasemen Intelijen (Denintel) Kodam I Bukit Barisan, langsung melakukan pencarian di sekitar ledakan. Dari hasil pencarian, ditemukan 64 buah proyektil meriam dari dasar muara.

"Sempat dengar dua kali ledakan dari arah muara. Tapi tidak tahu suara apa itu. Saat tentara menyelam dan warga heboh, baru tahu itu mortir," kata Susi, salah seorang warga, Senin (28/12/2009).

Komandan Denintel Kodam I Bukit Barisan, Letkol Ahmad Rizal Ramdani mengatakan, proyektil meriam berdiameter 76 milimeter tersebut memiliki daya ledak tinggi (high explosive).

"Temuan itu langsung diamankan untuk mengantisipasi agar tidak digunakan pihak-pihak tertentu yang dapat melukai warga atau mengganggu stabilitas keamanan," kata Ahmad.

Guna pengamanan, proyektil meriam tersebut selanjutnya diserahkan kepada Polres KP3 Belawan. Kapolres KP3 Belawan, AKBP Endro mengatakan, pihaknya telah mengamankan 80 mortir dan proktil meriam dalam dua bulan terakhir dari empat kali penemuan.

"Ini temuan yang keempat kali. Atas temuan ini, Polres KP3 Belawan akan terus berkordinasi dengan Detasemen Intelijen Kodam I Bukit Barisan," kata Endro.

(rul/anw)

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete