Thursday, December 31, 2009

Saksi: Polisi Tangkap dan Pukul Orang Sembarangan



Ilustrasi (ANTARA/Yusran Uccang)Rabu, 30 Desember 2009



Gorontalo (ANTARA News) - Sejumlah saksi mata yang menyaksikan tawuran antar polisi dan mahasiswa Selasa (29/12) di Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyatakan bahwa polisi menangkap dan memukul siapa saja tanpa menanyakan identitas terlebih dahulu.

"Yang dipukuli itu bukan hanya mahasiswa, tapi juga Siswa SMA, pengemudi becak motor, bahkan masyarakat biasa," Kata Fajar, salah seorang saksi mata, Rabu.

Dengan mata kepala sendiri, Fajar menyaksikan sejumlah orang tak bersalahserta merta ditangkap, lantas dipukuli beramai-ramai oleh polisi yang tampak buas dan emosional.

Saksi mata lainnya, Ema mengungkapkan, tidak sedikit anggota polisi yang mendatangi tempat kos mahasiswa dan langsung memukuli siapa saja yang berada di dalamnya.

"Pokoknya main pukul, kemudian ditinggal begitu saja," ujarnya.

Tidak hanya tempat kos mahasiswa, polisi juga merusak dua warung internet di samping kampus, dan menghajar sejumlah penghuni di dalamnya.

"Padahal di dalamnya banyak anak SMA yang sedang main internet, ada juga seorang ibu yang nyaris dipukuli polisi, namun segera dihadang masyarakat," ujar Udin yang mengaku menyaksikan peristiwa itu.

Tawuran berlangsung sejak pukul 12.30 hingga pukul 18.00 dan berakhir setelah polisi menyerbu kampus, hingga meluas ke rumah-rumah penduduk dan tempat kos di sekitarnya.

Tawuran dipicu oleh pembubaran paksa polisi terhadap demonstrasi mahasiswa menentang kedatangan Wapres Boediono di Gorontalo.

Kapolda Gorontalo, Brigjen Sunarjono telah menyatakan permohonan maafnya kepada semua pihak yang dirugikan dan bersedia menanggung semua kerugian yang ada.

Tetapi, rektorat UNG dan seluruh perguruan tinggi di Gorontalo, akan menuntut dan melaporkan tindakan polisi itu ke Komnas HAM, kementerian terkait, dan Presiden RI. (*)

No comments:

Post a Comment