Monday, December 7, 2009

PENANGKAPAN IKAN DIPERMUDAH





Jum'at, 2008-08-08


“Kami upayakan tahun ini akan berjalan. Saat ini masih dilakukan pemetaan oleh LAPAN.Pengembangan fishing ground itu berupa peta yang dilengkapi dengan teknologi global positioning system (GPS) yang berguna bagi nelayan Medan di perairan Belawan,” ujar Kepala Diskanla Kota Medan Wahid saat ditemui di Gedung DPRD Medan kemarin.

Dengan pemetaan fishing groundtersebut,nelayan akan lebih efektif melaut karena tinggal menuju lokasi ikan yang sudah ditunjukkan oleh alat tersebut.

Selain itu, secara teoritis,nelayan juga bisa menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk biaya operasional.

“Nantinya, nelayan bisa bekerja dengan efektif dan tidak perlu lagi melakukan hunting ikan,”ujarnya. Wakil Ketua Komisi D DPRD Medan Abdul Rahim Siregar menyatakan, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan program itu karena sangat berguna bagi nelayan. “Jika diperlukan anggaran dari APBD untuk memuluskan program fishing ground ini, kami akan upayakan,” tandasnya.

Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Sumut Ihya Ulumuddin menjelaskan, penggunaan teknologi itu akan sangat berguna bagi nelayan jika digunakan secara tepat. Sebab,yang bisa mencapai teknologi itu hanya kapal yang memiliki alat navigasi canggih.“Yang bisa cuma mereka. Nelayan kecil tetap saja tertinggal,”ucapnya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment