Saturday, December 12, 2009

1.630 Rumah di Pekanbaru Kebanjiran

Kamis, 10 Desember 2009
Penulis : Rudi Kurniawansyah
PEKANBARU--MI: Sedikitnya 1.630 rumah di lima kecamatan di Kota Pekanbaru terendam banjir akibat meluapnya Sungai Siak.

Berdasarkan data posko penanggulangan bencana banjir Badan Kesejahteraan Sosial (BKS) Riau, Kamis (10/12), banjir yang menerjang di lima Kecamatan di Kota Pekanbaru mengakibatkan sedikitnya 1.630 rumah terendam, dengan total korban banjir sebanyak 3.562 jiwa dan 1.528 jiwa lainnya mengungsi.

Kelima kecamatan di Kota Pekanbaru yang terkena banjir yaitu Kecamatan Rumbai tepatnya di Kelurahan Sri Meranti dengan korban mencapai 272 keluarga atau sekitar 1.191 jiwa dan Kelurahan Palas dengan 256 keluarga atau sekitar 932 jiwa. Selanjutnya yang terbesar Kecamatan Rumbai Pesisir tepatnya Kelurahan Meranti Meranti Pandak dengan jumlah korban 3.075 jiwa.

Kemudian Kecamatan Limapuluh tepatnya di Kelurahan Tanjung Huru dengan 600 keluarga. Dan Kecamatan Senapelan tepatnya di Kelurahan Kampung Baru dengan korban 302 keluarga. Yang terbaru di Kecamatan Sail, Kelurahan Sail dengan korban 200 keluarga. "Banjir kali ini belum termasuk dalam kategori luar biasa karena masih belum berdampak luas seperti tahun sebelumnya. Untuk antisipasi kami sudah menyiapkan berbagai bantuan di lokasi bencana," kata Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial BKS Riau Sudirman di Pekanbaru, Kamis (10/12).

Ia menjelaskan, bencana banjir di Kota Pekanbaru hanya terjadi kawasan perumahan warga di pinggiran sungai. Kawasan tersebut, menurut Sudirman, merupakan daerah langganan banjir tahunan menyusul curah hujan yang tinggi sehingga membuat air sungai meluap. "Banjir karena luapan dari Sungai Siak dan Sungai Sail. Kondisi masih belum parah," jelas Sudirman. (RK/OL-04)

No comments:

Post a Comment