Tuesday, August 7, 2012


MUSRENBANG KABUPATEN BATANGHARI MENGAKOMUDIR ASPIRASI MASYARAKAT


Muara Bulian : Musrenbang Kabupaten Batang Hari 2012 merupakan Musrenbang tahun kedua Bupati Batang Hari periode 2011-2016, dilaksanakan melalui proses musyawarah secara demokratis dari tingkat paling pawah dan semua aspirasi masyarakat melalui tahapan rapat sebelumnya telah diakomudir dalam bentuk RKPD yang merupakan salah satu wujud Visi dan Misi Kabupaten Batang hari.
Sesuai amanat UU No32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan UU No.25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Perencanaan disusun oleh Pemerintah Daearah dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat secara langsung melalui proses Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan pendekatan partisipatif, sehingga terciptanya rasa memiliki bagi masyarakat terhadap suatu kegiatan pembangunan yang diencanakan dan dilaksanakan dilingkungannya masing-masing, dan melalui MUsrenbang ini diharapkan dapat mensinkronkan sisa hasil usulan pada Musrenbang Desa/Kelurahan bulan Desember 2011 sampai awal Januari 2012.
Musrenbang Tingkat Kecamatan Bulan Februari 2012, Forum SKPD tanggal 1 Maret 2012 untuk diakomudir pada RKPD yang pendanaanya diusulkan melalui APBD Kabupaten Batang Hari tahun 2013, dan bila ada yang tidak terakomudir pada APBD Batang hari diharapkan Pemerintah Provinsi Jambi dapat mengusulkanya melalui dana APBD Provinsi Jambi atau APBN sehingga semua aspirassi masyarakat nantinya terealiasasi juga Tahun 2013.
Demikian dikatakan Bupati Batang Hari dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wabup Sinwan, SH, Selasa, 6 Maret 2012 saat membuka resmi Musrenbang RKPD Batang Hari Tahun 2012 di Ruang Pola Kantor Bupati Batang Hari dihadiri Pimpinan DPRD Batang Hari Yuninta Asmara dan anggota, para Kepala SKPD, para Camat, TP.PKK Kabupaten, Tokoh Masyarakat, serta undangan lainnya.
Selanjutnya Bupati menegaskan, kegiatan perencanaan Pembangunan Daerah ini sesuai Visi Kabupaten Batang Hari “ Batang Hari Berlian 2016” yang dituangkan dalam RPJM-D menjadi acuan dalam rangka menyusun program/kegiatan pembangunan melalui SKPD setiap Tahunnya, untuk mewujudkan Batang Hari Berlian 2016.
Untuk itu Bupati mengharapkan agar para SKPD berperan aktif berupaya memenuhi kebutuhan anggaran melalui geliat dan etos kerja yang tinggi dalam pembangunan sebagai salah satu indikator kinerja para SKPD sehingga pembangunan yang dilaksanakan tahun 2013 mampu menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat.
Kepada Pemprov. Jambi, Bupati mengharapkan kiranya usulan yang belum dapat masuk pada APBD Batang hari 2013, dapat merealisasikannya pada APBD Provinsi Jambi tahun 2013, atau membantu pembiayaan dana melalui APBN 2013 mendatang.
Wabup Sinwan menambahkan agar kita selalu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk terhadap anak-anak kita sebagai genersi penerus, bekali mereka dengan Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, sehingga selamat hidup di dunia dan diakherat kelak.
Musrenbang Batang hari ini harus sesuai kebutuhan daerah, Untuk itu peserta Msrenbang harus dapat mengikuti Musrenbang dengan penuh tanggung jawab sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.
Kepala Bappeda Provinsi Jambi Ir.H. Ansori diwakili Imron Rosidi dalam sambutannya mengatakan, Rancangan RKPD Kabupaten Batang Hari yang telah disusun saat ini merupakan usulan yang disampaikan pada rapat-rapat sebelumnya seperti tingkat Desa Bulan Desember 2011, Tingkat Kecamatan Janauari 2012 dan tanggal 1 Maret 2012.
Yang perlu mendapat perhatian tahun 2013 dk Provinsi Jambi antara lain Alih fungsi lahan pertanian dan Saprodi, pemanasan global, masih rendahnya angka pertisipasi sekolah, perlunya layanan kesehatan sampai kedesa, perlu pengembangan aparatur yang punya kompetensi budaya kerja yang baik, peningkatan Inpra struktur, termasuk Bidang Sosial budaya dan pemanfaatanpotensi sumber daya alam, dan khusus untuk program kegiatan Satu Milyar Satu Kecamatan (Samisake) di Provinsi Jambi tahun 2012 direalisasikan untuk 131 Kecamatan, itu semua untuk mempercepat tercapainya Visi Provinsi Jambi yakni Jambi Emas 2015.
Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana M. Rifa’i, SP, melaporkan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Batang Hari Tahun 2012 berlangsung satu hari tanggal 6 Maret 2012 di Ruang pola Kantor Bupati Batang Hari diikuti oleh 256 peserta utusan dari SKPD, Tim 6 Kecamatan, Perguruan Tinggi,Organissi Profesi,GOW, Dharma Wanita serta undangan lainnya.
Menurut M. Rifa’i, Musrenbang Batang hari Tahun 2012 ini bertujuan untuk mensinkronkan program/kegiatan Pembangunan yang bersumber dari hasil tahapan Musrenbang sebelumnya dan Renja SKPD tahun 2013, dan menetapkan prioritas Renja Pemkab Batang Hari termasuk menyatu Visi, Misi dan Persepsi para SKPD terkait.

No comments:

Post a Comment