Wednesday, August 8, 2012

 Ada Pekerjaan, Jalan Macet

Rabu, 08 Agustus 2012 
Muarabulian - ARUS lalu lintas Kabupaten Batanghari-Kabupaten Tebo dan sebaliknya yang berada di titik Desa Pelayangan, Kecamatan Muaratembesi, macet total. Kemacetan ini diakibatkan adanya perbaikan jalan beton yang menggunakan dana APBN tersebut.
Dari pantauan di lapangan, kemarin sore (7/8), puluhan kendaraan roda empat terjebak antrean. Panjang antrean mencapai empat kilometer. Pemandangan seperti itu dikatakan warga rutin terjadi semejak badan jalan sisi kiri dari arah Jambi dibangun menggunakan beton.
“Macet setiap hari terjadi. Sejak jalan ini dibangun dengan beton,” kata Edy Ambon, warga Muaratembesi.
Mobil yang melintas di jalan yang dibangun sepanjang 7 kilometer itu memang diatur pihak pelaksana perkerjaan. Namun, kemacetan tetap tidak bisa dihindari mengingat tingginya mobilitas kendaraan yang melintas di jalur itu.
Ari, supir Travel Batanghari-Tebo mengatakan, sejak pengerjaan itu dilaksankan, waktu tempuh menuju Tebo semakin panjang. Paling tidak, dia harus antre di lokasi pengerjaan jalan hingga 30 menit. “Paling cepat tiga puluh menit terjebak di sini, pernah sampai satu jam,” katanya.
Dia mengatakan, cukup terganggu dengan kondisi itu, ditambah lagi dalam waktu dekat umat islam akan merayakan Lebaran. “Jelas akan menghambat pemudik, kami selaku supir jelas dirugikan,” sebutnya.
Terpisah, Kasat Lantas Polres Batanghari AKP M Gunawan mengakui arus lalu lintas mengalami gangguan di lokasi pengerjaan jalan itu. Namun, pihaknya tidak mungkin menghentikan pelaksanaan pekerjaan yang sedang berlangsung. “Itu memang benar, soalnya sedang ada pengerjaan jalan,” katanya.
Lebih jauh dia mengatakan, pihak kepolisian akan mengantisipasi kemacetan tersebut tujuh hari sebelum dan sesudah Lebaran. Personel kepolisian akan ditugaskan secara khusus guna mengatur antrean kendaraan supaya lebih tertib. “Pekerjaan akan tetap berlangsung, cuma personel saja yang akan kami tempatkan untuk mengatur di sana,” pungkasnya

No comments:

Post a Comment