Tuesday, December 15, 2009

46 Desa Kabupaten Muaro Jambi Dapat Hadiah Laptop

Ditulis oleh fes
Selasa, 15 Desember 2009

MUAROJAMBI – Sebanyak 46 desa se-Kabupaten Muarojambi melebihi target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2007 diberikan hadiah Laptop. Dinas pendapatan daerah memberikan laptop yang dananya berasal dari insentif over target PBB kemarin (14/12).

Laptop diserahkan Sekretaris Rahman Panani pada rapat evaluasi realisasi penerimaan dan penyerahan hadiah over target PBB tahun 2007 di aula kantor Dipenda Muarojambi. Penerimaan PBB tahun ini, Kadipenda melaporkan, sampai November 2009 realisasi telah mencapai 73,46 persen atau sebesar Rp2,9 miliar dari target sebesar Rp 4 miliar. “Pada November 2009 ada Kecamatan yang telah mencapai over target yakni Kecamatan Kumpeh,” kata Rahman Panani.

Beberapa kecamatan, desa juga telah ada yang mencapai melebihi target. Seperti Kecamatan Jambi Luar Kota sebanyak dua desa. Kumpeh Ulu ada dua Desa, Mestong dan Sekernan tiga desa, Marosebo dan Kumpeh tujuh desa, lalu Sungai Bahar sebanyak 10 desa dan Sungai Gelam 4 desa. “Total desa dan kelurahan yang telah mencapai over target penerimaan PBB pada tahun 2009 sebanyak 37 Desa,” terangnya.

Guna peningkatan dan efektivitas dalam penerimaan PBB di Muarojambi terutama tahun 2010 perlu dilakukan dengan strategi. Dipenda akan menunjuk para kolektor PBB di masing-masing Desa/Kelurahan dan di Kecamatan untuk mengintensifkan penerimaan PBB dengan tanda terima sementara dan menyetorkannnya ke Bank pembayaran.

Selain strategi itu, memberikan insentif kepada para kolektor pajak PBB berupa Rp 300 per SPPT dan untuk Camat Rp 200 per SPPT, serta untuk kolektor di Desa/Kelurahan Rp 500 per SPPT.

Untuk mendekatkan pelayanan PBB, ada penambahan mobil unit pelayanan pajak keliling yang akan memberikan pelayanan di pasar kalangan dan pusat– pusat masyarakat. “Tahun 2010 kami bermaksud menambah mobil unit pelayanan pajak dan retribusi daerah untuk dapat menjangkau pelayanan kepada masyarakat dibidang pajak dan retribusi daerah,”terang Rahman panani.

Bupati Muarojambi Burhanuddin Mahir menyambut baik kegiatan evaluasi penerimaan Pajak PBB terutama kepada Dinas pendapatan Daerah yang telah memberikan pelayanan dengan menjangkau masyarakat di daerah. Penerimaan hasil pajak dan retribusi cukup diandalkan dalam membiayai pembangunan.

Perlu pemutakhiran data objek pajak. Wajib pajak yang belum terdaftar dan ketetapan pajak itu sendiri. Menurut Bupati, pemberian hadiah melebihi target PBB ini merupakan upaya dalam memberikan penghargaan kepada Desa/Kelurahan yang telah menunjukkan prestasi terhadap penerimaan pajak PBB.(fes)

No comments:

Post a Comment