Wednesday, December 9, 2009

Peternak Pangkalpinang Diimbau Tingkatkan Kebersihan Kandang


Kandang itik/ilustrasi (ANTARA/Ujang Zaelani)



Senin, 7 Desember 2009
Pangkalpinang (ANTARA News) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengimbau peternak meningkatkan kebersihan kandang unggas untuk mencegah berbagai penyakit unggas selama musim hujan.

Kabid Peternakan Pangkalpinang, Ghozali Efendi di Pangkalpinang, Minggu, mengatakan, peternak unggas diharapkan menjaga kebersihan lingkungan dan kandang serta menyemprokan disinfektan.

"Kami sangat mengharapkan peternakan selalu mewaspadai berbagai penyakit dan virus berbahaya unggas seperti demam, pilek, tetelo bahkan flu burung," ujarnya.

Selain menjaga kebersihan lingkungan kandang unggas, peternak diharapkan memberikan vitamin, vaksin untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada ternak unggas.

"Biasanya pada musim hujan daya tahan tubuh unggas melemah sehingga unggas yang tidak diberikan vitamin, vaksin dan tidak memiliki sanitasi yang baik mudah dijangkiti flu, demam, pilek dan virus yang berbahaya lainnya seperti tetelo dan flu burung," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi berbagai virus pada ternak unggas, pihaknya telah menyiapkan dan penyalurkan vitamin, suplemen dan kalsium.

"Bantuan suplemen, vitamin dan kalsium untuk ternak unggas itu akan diprioritaskan kepada peternak berskala rumah tangga," ujarnya.

Selain memberikan bantuan berupa obat-obatan vitamin, kata dia, Distanak Pangkalpinang juga memberikan penyuluhan dan pencegahan berbagai penyakit pada musim pancaroba.

Stok vitamin, suplemen dan kalsium itu untuk meningkatkan daya tubuh unggas mencukupi dan penyaluran bantuan itu akan lebih memfokuskan ke peternak skala kecil karena pada peternakan skala kecil itu terkadang tidak mempedulikan kesehatan ternak unggas yang dipelihara," ujarnya.(*)

No comments:

Post a Comment