Sunday, December 6, 2009

PDIP: JK Orang Pertama yang Harus Dipanggil Pansus Century







Minggu, 06/12/2009

Triono Wahyu Sudibyo - detikNews

Jakarta - Mantan Wapres Jusuf Kalla dianggap orang pertama yang mengetahui bailout Bank Century. Sebab itu, dia harus dipanggil pertama kali.

"Dia (JK) kan yang dilapori Sri Mulyani pertama kali," kata Ketua FPDIP DPR, Tjahjo Kumolo, di sela Rakerda V PDIP Jateng di Panti Marhaenis, Jl Brigjen Katamso, Semarang, Minggu (6/12/2009).

Setelah JK, kata Tjahjo, orang yang dipanggil adalah Sri Mulyani, Boediono, pejabat BI, dan orang yang diduga terkait pencairan dana lebih dari Rp 6,7 triliun tersebut.

Apakah Sri Mulyani dan Boediono perlu dinonaktifkan? Tjahjo hanya berharap SBY mengambil langkah bijak.

"Presiden yang berhak untuk itu. Kita sebatas memberi rekomendasi," ungkapnya.

Tjahjo meminta masyarakat tak berpikir terlalu jauh dengan memprediksi pansus bakal gagal mengungkap skandal Century. Pasalnya, kerja pansus diupayakan transparan, sehingga bisa dikritisi.

Selain menunggu kinerja pansus, Tjahjo meminta KPK, kejaksaan, dan polisi aktif menyelidiki skandal Century. "Temuan BPK sudah jelas mengindikasikan adanya penyimpangan dalam penggelontoran dana tersebut," jelasnya.

Petinggi DPP hadir di rakerda secara bergelombang. Mereka adalah Aria Bima, Tjahyo Kumolo, Budiman Sudjatmiko, dan Puan Maharani. Ratusan kader meramaikan acara tersebut.

(try/nrl)

No comments:

Post a Comment