Saturday, December 12, 2009

Ratusan Warga Pekanbaru Terserang Penyakit Akibat Banjir






Banda Haruddin Tanjung - Okezone
ilustrasi.(foto:Annas K/SI)
Jum'at, 11 Desember 2009

PEKANBARU - Warga Pekanbaru, Riau di Kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir yang menjadi korban banjir kini sudah mulai mengeluhkan berbagai penyakit. Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru menyatakan sedikitnya 230 warga sudah terserang penyakit Inpeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa), batuk dan gatal-gatal.

Data ratusan korban banjir itu didapat dari sejumlah puskesmas yakni Puskesmas Senapelan, Umban Sari, Rejosari, Limapuluh serta Payung Sekaki yang siaga korban banjir

Demikian diungkapkan Kadiskes Kota Pekanbaru Rani Hermiyati. Menurut Rini, jumlah penderita korban banjir tahun 2009 ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun 2008 lalu yakni lebih dari lebih dari 500 orang.

"Penyakit yang paling banyak keluhkan warga yakni Ispa. Namun banjir kali ini nampak belum begitu parah karena air masih belum terlalu tinggi. Namun kewasdaan tetap harus dijaga," katanya kepada okezone Jumat (11/12/2009).

Untuk mengantisapasi melonjaknya jumlah penyakit yang diderita masyarakat, Dinas Kesehatan Pekanbaru juga menyiagakan Puskesma Keliling dan menyediakan obat-abat secukupnya.

Masih menurutnya banyaknya ratusan penderita berbagai penyakit sejak 7 Desember lalu diakibatkan masih rendahnya minat warga terhadap lingkungan tempat mereka tinggal.

"Banyak sampah yang tidak terurus di tempat warga, jadi saat banjir datang, sampah bercampur dengan air. Jadi kami mengimbau agar kebersihan lingkungan serta diri pribadi warga tetap dijaga," imbau Rini.
(fit)

No comments:

Post a Comment