Sunday, July 1, 2012

Refleksi Hari Air Sedunia 2012 (3): Stop Penjajahan Atas Air

 

1332386053120402659
Slogan Hari Air Sedunia
Dalam sebuah acara diskusi kelompok terarah dengan para perwakilan warga masyarakat yang berasal dari 10 Desa/Kelurahan/Kampung di sekitar Cicurug dan Cidahu Kabupaten Sukabumi, salah satu warga bercerita :
”Saat ini kami kesulitan air, Pak. Air sumur semakin dalam. Air Sungai juga menyusut. Sawah kami juga sulit dialiri air kecuali harus memakai mesin pemompa. Ini karena pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang sudah menyedot air tanah demikian banyak. Pipa-pipa air mereka yang besar untuk kebutuhann pabrik membuat jatah air kami semakin berkurang.”
Ya, itulah kondisi saat ini dari masyarakat pengguna air di desa yang letaknya di Kaki Gunung Salak Kabupaten Sukabumi. Di dua kecamatan tersebut beroperasi 20 perusahaan AMDK. Faktanya, masyarakat yang tinggal di dekat sumber air pun, saat ini mulai kesulitan mengakses air bersih. Mereka seolah ’terjajah’ oleh perusahaan AMDK yang dengan peralatan canggihnya mampu mengambil air langsung dari sumbernya.
”Kami sempat rebutan dan konflik antar dusun gara-gara rebutan jatah, sampai-sampai pipa air ada yang dipotong dan dialihkan. Seperti perang saja, Pak.”
Demikian salah satu warga dari salah satu desa menegaskan kondisi yang memprihatinkan atas perebutan sumber air ini.
Penjajahan tak selalu berhubungan dengan ideologi, penjajahan juga menimpa sumberdaya ir.
Air adalah barang publik yang kini menjadi rebutan yang berujung konflik. Konflik skala Negara terjadi pada pejajahan Israel atas Palestina. Israel dengan program perluasan pemukiman yahudi, tak hanya merampas tanah rakyat palestina. Israel juga telah menutup akses warga palestina terhadap sumber air.
Republika online mengabarkan bahwa pembangunan pemukiman yahudi di atas tanah palestina membuat pasokan air tanah Palestina di Tepi Barat kritis dan mengkhawatirkan. Sumber air yang tersisa berjumlah 26 buah teracam dikuasai dan dirampas para pemukim Israel sebagai akibat kunjungan dan patroli rutin yang Israel lakukan. Menurut laporan Hareetz, sebagian sumber air berada di Dewan Daerah Mateh Binyamin. (Baca : Israel Rampas Puluhan Sumber Air Palestina)
Delapan mata air yang sepenuhnya diisi permukiman Israel, pemasangan pagar dan pencaplokan oleh pemukiman Yahudi telah digunakan guna menghalangi orang Palestina memperoleh akses ke air bersih.
Terjadi dampak ekonomi atas berkurangnya akses ke mata air. “Hilangnya akses ke mata air dan tanah yang berdampingan dengannya mengurangi penghasilan petani yang terpengaruh, yang dipaksa berhenti mengolah tanah atau menghadapi kekurangan produksi tanaman mereka,” kata laporan itu.
“Penjajahan” atas sumberdaya air sama artinya dengan penjajahan atas hak hidup manusia. Tanpa air akses terhadap kebutuhan dasar akan tertutup. Sektor pertaniaan yang input produksinya memerlukan air akan mati. Padahal air adalah barang publik yang siapapun berhak atasnya.
Hari ini, 22 Maret 21012 dunia memperingati Hari Air Sedunia yang sudah dicanangkan sejak tahun 1993. Dengan slogan “Water and Food Security” masyarakat diingatkan untuk memelihara ketahanan air demi kelangsungan kebutuhan pangan. Tanpa air pangan akan musnah. Perserikatanan Bangsa-bangsa (PBB) melalui UN-Water mengajak masyarakat dunia untuk mengkampanyekan slogan “Water and Food Security” mengingat semakin langkanya sumberdaya air yang layak konsumsi dan tekanan yang makin kuat terhadap air. Tindakan kecil seperti tidak membuang atau memboroskan makanan, diet sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi yang diproduksi dengan hemat air serta tindakan kecil yang bisa berdampak pada ketahanan ai dan pangan.
Selamat Hari Air Sedunia 2012. Hemat air untuk menyelamatkan pangan. Stop penjajahan atas air dengan memberi ruang yang adil bagi masyarakat.
Salam lestari.

No comments:

Post a Comment