Friday, November 20, 2009

Media Massa Dipanggil Polisi Jangan Hanya Media, Polisi Juga Harus Panggil Facebooker




Didi Syafirdi - detikNews

Jakarta - Pemanggilan Kompas dan Seputar Indonesia (Sindo) menuai kritik dari berbagai pihak. Seharusnya polisi juga memanggil seluruh pengguna Facebook yang mengetahui rekaman kriminalisasi KPK yang diputar di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau polisi memanggil wartawan, seharusnya semua orang yang ada di Facebook, email, yang mengetahui itu dipanggil semua," ujar anggota Koalisi Masyarakat Sipil Anti Korupsi (KOMPAK), Ray Rangkuti di kantor PP Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat, Jumat (20/11/2009).

Ray mengaku tidak menemukan sebuah kepentingan yang mendesak dalam pemanggilan tersebut. "Kalau mau, harusnya MK yang dipanggil, karena dia yang punya kebijakan putar rekaman dan menyatakan sidang tersebut," ucapnya.

Ray menambahkan, tidak ada urgensi pertemuan yang digelar kemarin dengan wartawan yang menulis. "Dengan begitu, otomatis wartawan bisa mengakses. Kalau alasannya untuk mengumpulkan bukti terkait Anggodo, itu tinggal kemauan mereka," jelasnya.

Penetapan dan penangkapan Anggodo sebagai tersangka pada dasarnya tidak sulit. Sebab, Anggodo jelas salah.

"Ini tidak masuk akal, masyarakat awam juga tahu. Di tengah keadaan sekarang ini, kembali ada upaya kriminalisasi. ini seharusnya menjadi momentum bagi SBY untuk mencopot Jaksa Agung dan Kapolri karena sudah kelas mereka sudah tidak punya kapasitas lagi," paparnya.

(amd/mad)

No comments:

Post a Comment