Monday, November 30, 2009

Napi Kabur dari Lapas Kelabui Petugas dengan Mengganti Baju Tahanan

JAMBI – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II A Jambi kembali kebobolan. Kemarin (25/11), salah seorang penghuninya di blok C2 bernama Rian berhasil kabur. Hebatnya, terpidana kasus pencurian sepeda motor, yang raib sekitar pukul 15.30 WIB, itu tidak merusak kunci sel. Tanda-tanda jeruji terluka akibat digergaji pun nihil.

Rian begitu mudahnya kabur dari Lapas kemarin. Dia bisa jadi memperdayai petugas dengan cara menyamar. Bisa juga, dia bermain mata dengan pengunjung maupun penghuni Lapas sendiri.

Dugaan-dugaan itu sempat mencuat dan sangat santer. Namun, menurut sumber Jambi Independent di Lapas kemarin, Rian kabur dengan cara mengganti baju tahanan milik Lapas. Setelah itu, dia berhasil menyelinap di antara pengunjung yang membesuk keluarga mereka sore itu.

Kalau benar demikian, modus Rian ini tergolong baru di Jambi.

Menurut sumber lagi, hilangnya Rian baru diketahui setelah sipir mengecek saat apel sore. Apel sore ini merupakan saat para warga binaan kembali ke Lapas. Ketika nama penghuni blok C2 Lapas Jambi itu disebut, tidak ada jawaban. Petugas curiga. Setelah dicek satu per satu, Rian memang tidak ada dalam barisan bloknya. “Dia kabur,” ujar sumber yang namanya tidak mau ditulis ini.

Rian diganjar setahun di Lapas karena terlibat kasus pencurian sepeda motor. “Kalau ditahannya baru, tapi vonis hakim selama setahun,” katanya lagi. “Petugas tidak tahu karena baju tahanan diganti dengan baju lain,” jelasnya lagi.

Mantan Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) kelas IIA Jambi, Roni mengatakan, dirinya juga baru mendapatkan kabar itu. Hanya saja, Roni belum bisa memastikan kebenarannya karena sedang melaksanakan tugas di luar kota. Informasi yang dia terima, benar ada salah seorang warga binaan yang kabur. “Saya dapat kabar itu (tahanan kabur, red), tapi saya belum tahu persis beritanya karena sedang di luar kota. Informasinya, dia kabur dengan cara mengganti baju tahanan. Setelah itu kabur,” jelasnya ketika dihubungi via telepon selularnya tadi malam.

Dihubungi terpisah, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Jambi, Bowo Nariwono mengaku belum tahu. “Saya belum tahu. Saat ini saya sedang cuti,” katanya menjawab Jambi Independent.(ira)

No comments:

Post a Comment