Friday, November 20, 2009

TNI AL Gelar Latihan Armada Jaya di Situbondo


Rabu, 28/10/2009 18:52 WIB

Pengirim: Dispen Armatim - Surabaya


Foto: Dispen Armatim
Surabaya - TNI Angkatan Laut kembali menggelar latihan perang bertajuk 'Armada Jaya ke-28 Tahun 2009'. Latihan ini dibagi dalam dua tahap, yakni tahap Latihan Posko yang dimulai tanggal 12-22 Oktober 2009. Tahap manuver lapangan, tanggal 28 Oktober- 2 November 2009.

Sebelum manouver lapangan, di Pangkalan Koarmatim telah dilaksanakan Latihan Pertahanan Pangkalan, Latihan Pertahanan Udara, dan Lawan Sabotase Bawah Air.

Pada latihan Latposko melibatkan 450 prajurit TNI AL, TNI AD, dan TNI AU masing-masing 10 orang. Untuk manuver lapangan melibatkan 1910 personel TNI AL, 13 kapal perang, 2 pesawat udara TNI AL, 2 helikopter serta 30 kendaraan tempur Marinir bersama 1 kompi pasukan pendarat Marinir.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Tedjo Edhy Purdijatno dan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Ignatius Dadiek Surarto melepas keberangkatan prajurit yang akan latihan manuver lapangan di Dermaga Koarmatim, Ujung, Rabu (28/10/2009).

Kapal perang akan melaksanakan manuver lapanganb di laut serta operasi serbuan amfibi di Pantai Banongan, Asembagus Situbondo, Jawa Timur tanggal 31 Oktober 2009 mendatang.

Latihan Armada Jaya merupakan latihan puncak TNI AL yang mengintegrasikan seluruh komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) guna mengukur hasil pembinaan selama tahun 2009. Latihan ini rutin dilakukan oleh TNI AL.

Kapal perang dan kendaraan tempur Marinir yang dilibatkan dalam latihan Armada Jaya kali ini semuanya sudah melalui tahap uji kelaikan dan hasilnya memenuhi syarat untuk digunakan dalam latihan bahkan untuk pertempuran sebenarnya sekalipun.

Digunakannya Pantai Banongan, Situbondosebagai tempat latihan karena daerah ini selain sudah sering dijadikan tempat latihan. Juga memiliki bentuk pantai yang sangat ideal untuk melakukan operasi pendaratan amphibi pasukan Marinir baik menggunakan kendaraan tempur amphibi maupun dengan menggunakan sekoci khusus untuk pendaratan. (penarmatim@yahoo.com)
(wln/wln)

No comments:

Post a Comment