Sunday, November 29, 2009

Tips Mengemudi Saat Banjir


r

Siapa pun tak ingin berada dalam situasi seperti gambar tahun 2002 di atas. Lalu bagaimana bisa terjadi.? Ada banyak alasan. Salah satunya, kurangnya informasi. Informasi pun banyak macamnya. Salah satunya, bagaimana sebaiknya mengemudi saat banjir. Kiat-kiatnya pun banyak. Salah satunya ini dia, ketika Anda mau tak mau harus menempu banjir:
Perhatikan tinggi air, ia faktor utama dalam menentukan tehnik mengendali kendaraan. Juga pusatkan konsentrasi dan kehati-hatian untuk menguasai laju kendaraan tanpa mengganggu pengguna jalan lainnya. Mereka semua sedang mengalami masalah yang sama.
Jika tinggi air mencapai seperempat ketinggian roda, mengemudilah dengan posisi gigi tiga, kopling dilepas. Usahakan kecepatan stabil dan tidak menginjak rem dengan mendadak.
Jika tinggi air mencapai separuh ketinggian roda, kemudikan dalam posisi gigi dua, kopling diinjak seperempat kedalaman. Kecepatan stabil. Bukan berarti dengan kecepatan tinggi namun yang sesuai dengan situasi sekitar.
Jika ketinggian air melebihi separuh tinggi roda, konsentrasi perlu dimaksimalkan. Gigi di posisi satu. Injak kopling hingga setengah kedalaman. Dan nikmatilah tantangan ini seakan Anda dalam suatu petualangan yang mengasyikkan. Stress hanya akan memperburuk situasi dan membuat khawatir orang-orang sekendaraan yang berada dalam lindungan Anda.
Jika tinggi air sudah sama, alias roda terendam seluruhnya, tidak diperlukan lagi tehnik mengemudi, tapi tehnik meminta pertolongan…
Harap diingat. Kiat-kiat ini berlaku jika kendaraan dalam kondisi sehat. Karenanya, jika musim hujan tiba, periksalah kesehatan ban, wiper, knalpot, mesin, terutama komponen yang peka terhadap air seperti aki, busi dan alternator.
Sebelum memutuskan untuk mengarungi banjir, pastikan kemampuan kendaraan Anda. Resepnya dengan melihat sekeliling, adakah kendaraan sejenis yang berhasil lolos. Tapi resep ini belum tentu manjur, siapa tahu kendaraan itu dimodifikasi dan dilengkapi perangkat anti banjir. 

2 comments:

  1. air itu indah
    air itu sgalanya
    kita butuh air
    tapi jangan berlebihan
    karena yang berlebihan itu tidak baik
    contohnya banjir
    banjir itu air yang berlebihan
    dan banyak mendatangkan kerugian ...
    air air ari oh air........

    ReplyDelete
  2. Tips nya bagus banget...
    tapi kalo mobil nya sejenis Suzuki Carri,yang minibus,apakah tips mengemudi nya sama juga..??
    syapapun anda,tolong di balas yah...

    ReplyDelete