Monday, November 9, 2009

Kasus Chandra & Bibit Forum Rektor: DPR Harus Junjung Tinggi Moralitas



Jakarta –( MSI )
Forum Rektor Indonesia (FRI) melancarkan kritikan kepada wakil rakyat di Senayan. Meski tergabung dalam koalisi besar, hendaknya DPR tidak menurunkan sikap kritisnya. Misalnya dalam kasus Chandra M Hamzah dan Bibit Samad Rianto.

"Keputusan terkait kebijakan publik jangan sampai diatur oleh segelintir elit, cukong, dan makelar kasus (markus). DPR harus menjunjung tinggi moralitas," kata Ketua Forum Rektor, Edy Swandi Hamid dalam siaran pers, Senin (9/11/2009).

DPR, sebagai wakil rakyat yang sebenarnya, seharusnya menjunjung tinggi moralitas, menjalankan perannya dan menegakkan prinsip-prinsip demokrasi yang riil untuk menyampaikan aspirasi masyarakat.

"Tentunya dengan mengesampingkan kepentingan-kepentingan politis pragmatis jangka pendek yang melahirkan situasi mundur (set-back) ke masa lalu yang hanya melahirkan wajah demokrasi formalistik dan bukan demokrasi substantif," imbuhnya.

Presiden dan para pejabat negara juga harus lebih terbuka dan cepat menanggapi situasi yang berkembang di masyarakat. Pada era teknologi komunikasi yang canggih, harus segera memberikan respon atas suatu informasi harus ekstra cepat.

"Jika tidak, informasi salah yang berkembang akan semakin memperkeruh suasana, menjadikan penanganan masalah menjadi lebih berat, dan berpotensi menimbulkan konflik antar komponen bangsa," terangnya.(INT)

No comments:

Post a Comment