Friday, November 13, 2009

Pelindo & Pemda Jambi Kembangkan Fasilitas Pelabuhan



Jum'at, 31 Juli 2009

JAKARTA - PT Pelindo II bersama Pemda Jambi menandatangani kesepakatan untuk pengembangan fasilitas pelabuhan dan alur pelayaran Sungai Batanghari di provinsi Jambi.

"Pengembangan fasilitas pelabuhan ini dimaksudkan untuk pengembangan perekonomian di kawasan Jambi," kata Direktur Utama Pelindo II Richard Jose Lino, di Gedung Departemen Perhubungan, Jakarta, Jumat (31/7/2009).

Dijelaskannya, Sungai Batanghari merupakan urat nadi transportasi sejak zaman dahulu hingga sekarang dan potensi sumber daya alam (SDA) primadona yang meliputi batu bara, bijih besi, minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO), dan karet.

Kerja sama ini merupakan kepercayaan kalangan bisnis usaha dan pemda terhadap kehandalan PT Pelindo II sebagai sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan dan jasa kepelabuhanan.

Sementara di tempat yang sama Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin menjelaskan, pengembangan fasilitas ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing komoditas dan menumbuhkan pertumbuhan ekonomi dan industri di kawasan Timur Sumatra, khususnya di provinsi Jambi yang memiliki geografis sangat strategis.

Sebagai informasi selama ini pelabuhan Jambi masih terbatas, baik dari fasilitas maupun infrastrukturnya, sehingga distribusi ekspor impor maupun domestik hanya 20 persen yang dapat dilayani oleh pelabuhan Jambi, yaitu Pelabuhan Kuala Tungkal dan Muara Sabak. Sedangkan sisanya didistribusikan melalaui pelabuhan di Sumatra Barat, Riau, dan Sumatra Selatan.

Dalam penandatanganan ini dihadiri oleh Menneg BUMN Sofyan Djalil dan Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal, serta dihadiri komisaris PT Pelindo II, Gubernur Jambi, dan para bupati Jambi.(rhs)

No comments:

Post a Comment