Saturday, December 5, 2009

Buka Puasa Pujakesuma Medan dengan Korban PHK Hotel Soechi yang Menginap di DPRD Medan

Agustus 31st, 2009
Medan (SIB)
Fungsionaris dan keluarga besar Pujakesuma Medan mengadakan buka puasa bersama dengan para korban pemutusan hubungan kerja (PHK) Hotel Soechi Internasional Medan. Selain untuk mengeratkan silaturahim, buka puasa bersama dimaksudkan berbagi suka dan duka perihal yang dihadapi para pekerja.
“Pujakesuma Medan punya keterikatan moral pada mereka yang kena PHK. Secara pribadi dan organisasi, saya memberi dukungan untuk perjuangan agar berhasil sesuai norma dan peraturan,” ujar Ketua Pujakesuma Medan H Supratikno WS SE di Medan, Minggu (30/8).
Di kesempatan itu Wakil Ketua Serikat Pekerja Mandiri (SPM) Hotel Soechi Internasional Medan Supianto menyampaikan keluh kesah dan ganjalan yang dihadapinya dalam memperjuangkan haknya sebagai pekerja. Mulai dari mengadu ke Depnaker Medan hingga diselesaikan secara hukum, termasuk menemui wakil rakyat hingga menginap di DPRD Medan guna beroleh perhatian dari instansi terkait. “Namun, belum ada perhatian yang dimaksudkan menegakkan peraturan dan menjalankan peraturan,” keluh Supianto didampingi Sekretaris Umum Jalalaluddin, Seksi Penggerak Massa Ambi dan Bendahara Umum Abdi.
Mereka yang di-PHK dan menginap di DPRD Medan ratusan orang. Pekerja total di PHK, karyawan jumlahnya 225 orang dan 158 adalah karyawan tetap.
Dari Pujakesuma hadir seluruh fungsionaris dari 17 kecamatan. Selain itu hadir juga para tokoh organisasi dari warga Jawa Sumatera seperti Ketua Pujakesuma Medan Supratikno WS SE, Sekretaris Sulasno Sumarto, Bendahara Arif Haryadian, Wakil Ketua Mayor Kirwan, Basqi Pohan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai Buruh Medan Budi Susanto, Suharsim dari Medan Selayang, Rusli Suharsono dari Medan Deli, Darmansyah dari Medan Area, Parino Marhadi dari Medan Sunggal, Jalaluddin dari Medan Amplas, Sutrisno dari Medan Tuntungan, Heri Dodi S dari Medan, Roy Andre dari Medan Belawan, M Ismail Ryadi dari Medan Petisah, Iam Kamerun dan Anto Effedy dari Medan Perjuangan dan Medan Denai, Yusdiadi, Sunardi dan Zulham dari Medan Maimoon, Yusri Budi Darma dari Medan Timur, Bunari dari Medan Johor dan M Salim dari Medan Tembung.
Secara bergantian pihak yang mengetahui perundangan buruh dan yang punya pengalaman menangani PHK, memberi masukan termasuk menguatkan serta memberi petunjuk dalam beracara soal ketenagakerjaan. Meningkahinya, Ketua Pujakesuma Medan Supratikno WS SE berjanji akan melakukan pembicaraan dengan manajemen hotel dan owner. “Meski demikian, walau ragam masalah dihadapi, diharapkan ibadah puasa di Ramadhan 1430 H ini hedaknya dilakoni dengan maksimal dalam maksud makin mendekatkan diri padaNya hingga diberikan kekuatan dalam menjalani permasalahan,” ujar Supratikno.
Secara lembaga, ujarnya, Pujakesuma berharap kiranya hak-hak buruh yang tergabung di SPM Hotel Soechi diberikan, apalagi para karyawan hendak merayakan Idul Fitri 1430 H. “Pujakesuma Medan mengetuk pintu hati semua pihak untuk membantu agar persoalan yang dihadapi para karyawan yang di-PHK, selesai dengan win-win solution yang berpijak pada peraturan,” harap Supratikno. (r10/f)

No comments:

Post a Comment