Wednesday, December 16, 2009

Pembangunan Kawasan Terpadu Tambunan Dimulai Alat Berat Milik Pemkab Tobasa Terbenam Balige.



Pembangunan Kawasan Terpadu, yang direncanakan sebagai kawasan perekonomian sedang-bekerjadi pinggiran Danau Toba, tepatnya di Desa Tambunan Lumban Pea, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir sudah dimulai. Pembangunan kawasan ini merupakan proyek multi years dengan sumber dana dari pemerintah pusat. Total proyek tersebut senilai Rp 120 Milliar. Untuk tahap pertama menelan biaya Rp 12 Milliar.

Kini di lokasi itu sedang dikerjakan pelebaran jalan dari pertigaan Jalinsum Tambunan hingga tepi pantai. Kemudian pekerjaan penimbunan (pengurukan) lahan.

Untuk diketahui, lahan pertapakan yang luasnya sekitar 60 hektar ini diserahkan oleh masyarakat sekitar kepada Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Rencananya diatas pertapakan ini akan dibangun terminal bus dan kemudian diberi nama kawasan terpadu. Lahan yang berada di tepi pantai itu adalah daerah rawa dan berlumpur. Sehingga untuk menjadikannya sebuah kawasan terpadu harus memerlukan penimbunan lahan.

Sebelumnya, Pemkab setempat sudah membangun jaringan listrik dan membuat proyek perkerasan jalan menuju lokasi. Tetapi karena jalan tersebut kurang lebar dan tidak memadai, kini dilakukan pelebaran kembali.

Pengamatan di lapangan, pekerjaan pengurukan telah dimulai Desember 2008 lalu. Hampir setiap saat truk pengangkut tanah timbunan lalu lalang keluar masuk lokasi. Sementara di lokasi, terdapat 4 buah alat berat berupa 2 unit beko, dozer dan stom walls terus beroperasi.

Alat Berat Terbenam

Sementara itu, pada Rabu pekan lalu, tampak sebuah alat berat berupa beko milik Pemkab Tobasa yang turut beroperasi disana terbenam. Beko itu masuk ke dalam air dan terperogok ke dalam lumpur.

Menurut warga sekitar, kejadian ini sudah sejak dua pekan lalu. Ketika itu, kata warga, alat berat sedang meratakan tanah timbunan yang diangkut oleh truk. Namun saat beko sedang beroperasi, secara perlahan badan beko bertonase 20 ton itu secara perlahan turun dan masuk ke dalam air.

Masih menurut warga, operator yang berusaha menggerakkan alat berat agar bisa keluar dari air tidak berhasil. Malah, alat berat semakin terbenam.

Operator alat berat itu mengaku kalau berbagai upaya telah dilakukan untuk mengeluarkan alat berat dari benaman Lumpur. Bahkan, dua buah alat berat telah dikerahkan untuk menariknya. Tetapi toh tidak berhasil. Untuk mengantisipasinya, terpaksa dibuat pengganjal dari batang kelapa. Sedangkan rencana selanjutnya, kata operator itu, akan dilakukan pengerukan di disekeliling alat berat agar bisa ditarik.

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    ReplyDelete