Monday, November 2, 2009

Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan IV 2009 Rp 56,8 M Dana BOS Cair Hari Ini





KOTA JAMBI (MSI)- Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk triwulan IV 2009, hari ini (20/10), mulai dapat dicairkan sekolah se-Provinsi Jambi. Pencairan dilakukan di Kantor Pos. Manajer Operasional Kantor Pos Jambi Akhmad Sumaryadi mengatakan, sejak dana BOS tahap I, pihaknya telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi.
Ia mengatakan, mereka telah menjadwalkan 20 Oktober untuk pencairan bantuan operasional itu. Tapi pencairan bisa dilakukan tidak sekaligus. Jadi tergantung sekolah dan bisa bertahap.
Sebanyak Rp 56,8 miliar lebih dana BOS tahun ini akan disalurkan ke sekolah-sekolah di Provinsi Jambi. Kantor Pos melansir, pada periode Oktober-Desember, dari jumlah itu, Rp 39,922 miliar lebih untuk 2.348 SD, dengan jumlah siswa 403.775.
Sementara untuk SMP sebanyak 577 sekolah se-Provinsi Jambi. Total dana Rp 16.685.306.250. “Jadi nanti pencairan dilakukan di kantor pos yang terdekat dari sekolah masing-masing,” terang pria berkumis itu.
Tahun ini terjadi peningkatan anggaran dana BOS dari tahun lalu. Dari surat Mendiknas kepada kepala daerah tertanggal 2 Desember 2008 lalu, kenaikan rata-rata 50 persen dari tahun anggaran 2008. Tahun ini BOS untuk SD negeri dan swasta di kabupaten sebesar Rp 397 ribu per siswa per tahun. Adapun di kota Rp 400 ribu per siswa per tahun. Sedangkan untuk SMP di kabupaaten juga lebih kecil dibanding di kota, masing-masing Rp 570 ribu dan Rp 575 ribu per siswa per tahun.
Lebih jauh Sumaryadi menguraikan persyaratan agar sekolah bisa mengambil dana tersebut. Dana BOS diambil kepala sekolah (kepsek) yang bersangkutan. Itu dilakukan dengan menunjukkan SK asli kepsek yang ditetapkan Dinas Pendidikan serta memberikan kopiannya.
“Termasuk agar menunjukkan identitas diri, termasuk kopiannya. Mereka juga harus menyerahkan asli MoU kepsek dan diknas kota/kabupaten dan membawa cap sekolah,” papar Sumaryadi.
Khsusus di Kantor Pos Besar Jambi, hari ini untuk SD, lalu hari kedua SMP. “Sedangkan hari ketiga untuk sejumlah sekolah dari Muarojambi, yaitu dari Sungaigelam, Kumpeh Ulu, dan Marosebo,” katanya.(Int)

No comments:

Post a Comment