Friday, December 31, 2010

Ancaman Sumber Air Minum Tercemar

Senin, 06/12/2010,

BATASI KENDARAAN
Sumber mata air yang menjadi bahan baku usaha air minum sebuah perusahaan swasta Kampung Lio, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat terancam tercemar oleh limbah peternakan ayam.

Stakeholder Relations dan CSR Manager PT Aqua Golden Mississipi Giwa Giwangkara, Minggu (5/12/2010), mengatakan, keberadaan peternakan ayam hingga kini belum berdampak pada sumber mata air dan pihaknya menjamin tidak akan mencemari kualitas air yng dipasarkannya.

"Dalam produksi air kita menggunakan jalur pipa sehingga akan tetap steril dan terjamin kehigienisannya," kata Giwa.

Namun demikian pihak Aqua tetap menjamin kualitas airnya walaupun sumber mata air tersebut sangat dekat dengan peternakan ayam milik warga seluas tiga hektar.

Pihaknya juga membenarkan dengan keberadaan peternakan ayam tersebut pihak senantiasa melakukan penelitian terhadap sumber mata air dan kandungan air itu.

"Sampai saat ini belum ada dampak dari keberadaan peternakan ayam itu. Ini berdasarkan hasil kulitas air yang terus kita uji di Badan Besar Industri Agro (BBIA) seminggu sekali, yang menyatakan bahwa air Aqua tetap higienis dan aman dikonsumsi," ungkap Giwa.

Sementara itu, pengelola peternakan ayam Agus Okek menuturkan memang beberapa kandang ayam cukup berdekatan dengan pabrik Aqua.

Selain itu rencananya pemilik peternakan akan menambah lahan dan jumlah kandang.

Namun, pihaknya menjelaskan dalam pembangunan peternakan ini sudah mendapatkan izin sesuai dengan prosedur dan pihaknya akan senantiasa memperkecil dampak pencemaran dari peternakan ini.

"Kami akan selalu menjamin agar tidak terjadi pencemaran, tetapi kami pernah menawarkan lahan peternakan ini kepada pihak Aqua untuk dibeli tetapi belum ada penawaran," ujarnya.

Usaha peternakannya menurut Agus baru beroperasi selama enam bulan dan rencananya akan ditambah kandang ayamnya.

Dari pantauan di lapangan, jarak peternakan ayam itu hanya berjarak beberapa meter saja dari lokasi produksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Aqua dan dari peternakan ini kerap tercium bau tidak sedap yang diduga berasal dari kotoran ayam

No comments:

Post a Comment