Friday, December 24, 2010

Lanjutkan Perjuangan Pahlawan bagi Indonesia

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, tepatnya Sejarah udah lama X-aholic dapatkan di bangku sekolah. Sejak SD hingga SMA, mata pelajaran Sejarah selalu ada, ia selalu menghampiri kamu untuk mempelajari dan mengambil hikmah atas peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Indonesia yang merdeka pada 17 Agustus 1945 ini tentu memiliki banyak sejarah, dan hal itu nggak terlepas dari perjuangan para pahlawan.

Well, untuk itulah hari ini kita merayakan Hari Pahlawan, 10 November yang bersejarah dalam dekade Indonesia. Coba kamu ingat, pahlawan siapa aja yang kamu kagumi? Kenapa pahlawan tersebut kamu kagumi? Apa yang membuatnya layak disebut pahlawan?

Hari ini bangsa Indonesia merayakan Hari Pahlawan untuk kesekian kalinya. Xpresi sengaja tanya ke X-aholic nih, apakah kamu mengucapkan kata-kata ini ketika Hari Pahlawan diperingati? Ternyata sebanyak 44,09% responden mengatakan kalo mereka bakal mengucapkan kalimat ‘Selamat Hari Pahlawan’ lho. Sedangkan 28,19% mengaku belum pernah nyoba, jadi agak ragu mengucapkannya. Lain lagi ama 27,72% X-aholic, dengan jujur mereka bilang nggak pernah mengucapkan kalimat itu kepada siapapun.

Selamat Hari Pahlawan diberikan kepada siapa? Pertanyaan ini dijawab beragam oleh X-aholic. Pertama, 34,1% responden pasti mengatakan kalimat tersebut kepada pahlawan. Ya jelas dong ke pahlawan, isn’t it? Selain itu, sebanyak 28,18% responden akan memberikan kata-kata itu kepada gurunya, pahlawan tanpa tanda jasa. Ada lagi X-aholic yang mengucapkan kepada orangtua mereka, persentase ini dipilih 23,18% X-aholic. Sedangkan terdapat 14,54% responden yang bilang kalo ucapan itu patut diberikan kepada teman sebayanya yang membantu X-aholic.

Setiap orang punya cara sendiri dalam memperingati Hari Pahlawan. Salah satunya yang diungkapkan 32,08% responden, upacara menjadi tradisi mereka setiap tahunnya untuk memperingati jasa-jasa pahlawan. Selebihnya,sekitar 31,26% X-aholic mencoba berharap kepada semua elemen bangsa ini bisa menjadi pahlawan di negerinya. Dua hasil persentase yang sama dipaparkan masing-masing 18,33% X-aholic. Renungan diri akan dilakukan 18,33% X-aholic, sedangkan 18,33% lainnya nggak melakukan apapun di Hari Pahlawan ini.

Di hari yang sangat bersejarah ini, tentunya X-aholic menyampaikan harapannya bagi kemajuan Indonesia. Harapan tulus dari siswa/I SMP dan SMA ini harus membuat kita sebagai generasi muda melakukan sesuatu untuk negara. Sekitar 33,63% X-aholic berharap kalo pemerintah Indonesia bisa bersikap layaknya pahlawan Indonesia. Sedangkan bagi 33,18% responden mengharapkan pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib guru. Jawaban selanjutnya juga dipilih 33,18% X-aholic nih, mereka pengin jadi pahlawan di usia muda, dan berharap mereka dapat melakukan sesuatu bagi Indonesia.

Anyway, Indonesia nggak akan merdeka tanpa para pahlawan. Cut Nyak Dien, Pangeran Diponegoro, Sultan Thaha, dan pahlawan lainnya akan tersenyum kalo kita melanjutkan perjuangan mereka. Yup, berjuanglah untuk memajukan bangsa ini. Sesungguhnya pahlawan itu ada di diri kita, tinggal kita aja yang memaksimalkan diri, apakah pengin jadi pahlawan ato nggak?

No comments:

Post a Comment