Monday, January 4, 2010

AHTRMI : Hampir Semua Kondisi Hutan di Sumut Gundul

(foto:dok:google)


Senin 04/01/2010,
MEDAN | DNA - Untuk kawasan hutan di Sumatera Utara akan direalisasikan penanaman pohon Hutan Tanaman Masyarakat (HTM) diatas lahan seluas 30 ribu hektar.

Lahan hutan yang yang menjadi sasaran bidikan penanaman antara lain kawasan hutan Kabupaten Langkat seluas 3.085 hektar, Simalungun 11. 760 hektar, Madina 9.815, Padang Lawas seluas 6.065 hektar, Asahan 1.540 hektar, demikian dikatakan Ketua DPP Assosiasi Hutan Tanaman Rakyat Mandiri Indonesia (AHTRMI) Basyaruddin Siregar, SP di Medan.

"Dari hasil penelitian dilapangan diketahui hampir semua kondisi hutan gundul. Namun telah menjadi komitmen dan konsekwensi kita untuk melakukan penghijauan kembali. Selain mensosialisasikan makna hutan, AHTRMI melakukan tour keseluruh kawsan hutan Indonesia untuk melakukan penanaman pohon. Untuk Sumatera Utara sendiri direalisasikan penanaman HTM diatas lahan seluas 30 ribu hektar," ujarnya

Lebih lanjut dikatakannya, hutan merupakan jantung dan paru-paru dunia karena itu DPP AHTRMI mempersiapkan program sosialisasi "makna hutan" dengan melakukan penghijauan kembali hutan-hutan yang telah gundul dam kritis dampak dari penebangan liar dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Banyak agenda kerja AHTRMI yang telah tersusun dalam program diantaranya program awal yang mengerjakan penanaman pohon di 33 provinsi di seluruh kawasan hutan di Indonesia. Tahap pertama melakukan penanaman seratus ribu pohon maggrove di Kepulauan Riau yang ditindak lanjuti dengan penanaman pohon dikawasan hutan Sumaetra Utara.

No comments:

Post a Comment