Monday, December 6, 2010

Waspada! Banjir dan Longsor masih Mengancam Sumbar


Muslim - Padang Today

">klik untuk melihat foto
Monitor Cyclone Robyn pada 5
April 2010 (foto: NOAA)
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi terjadinya cuaca ekstrim sepeorti banjir dan longsor di sebagian Wilayah Indonesia pada 6-8 April 2010.

Menurut BMKG, wilayah yang berpotensi terkena yakni Pesisir Barat Sumatra, Sumatra Barat, NAD, Riau, Jambi, Kalimantan Barat bagian Utara dan Barat.

Kemudian, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jabodetabek, sebagian besar Jawa, NTB, Maluku, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, serta Papua bagian Utara dan Tengah.

Informasi ini dikeluarkan BMKG setelah adanya Siklon Tropis Robyn di Samudera Hindia sebelah Barat Daya Bengkulu dan pusaran angin tertutup di perairan sebelah Barat NAD.

Pusaran angin itu membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang dari perairan Barat Daya Banten hingga Pesisir Barat Sumatra serta daerah tekanan rendah di Australia Utara. Kemudian, membentuk daerah pertemuan angin memanjang dari Sulawesi bagian Tenggara hingga Laut Banda bagian Timur.

Monitor Cyclone Robyn pada 5 April 2010 dari NOAA, Siklon Tropis Robyn membentang ratusan kilometer di atas Samudera Hindia Selatan pada bulan April 2010 awal. Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer (MODIS) pada satelit Aqua milik NASA menangkap gambar-warna alami pada pada 5 April 2010.

Meskipun badai tidak memiliki mata yang berbeda, ia memiliki pusat jelas. Cluster yang buram dengan awan putih di tengah badai sementara lengan spiral tipis nampak di bagian luar.(*)

No comments:

Post a Comment