Thursday, January 14, 2010

Baru Selesai Dikerjakan Jembatan Ujung Batu Barus Terancam Ambruk



Tapteng, BATAKPOS

Baru selesai dikerjakan, satu unit jembatan gantung (rambing) yang menghubungkan Dusun Pasar Baru, Kelurahan Padang Masiang dengan Desa Ujung Batu, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) nyaris ambruk ke sungai.

Pondasi jembatan tersebut hampir separuh longsor ke sungai, sehingga sangat membahayakan warga yang hendak melintas dari jembatan itu, apalagi saat musim hujan. Maka warga di daerah itu berharap agar Pemkab Tapteng segera melakukan perbaikan sebelum ambruk total.

Kepala Desa Ujung Batu Ansari Marbun kepada wartawan, Rabu (13/1) di Barus menyatakan, walaupun jembatan gantung tersebut baru selesai dikerjakan, saat ini sudah sangat memprihatinkan karena pada bagian pondasi jembatan sudah hampir separuh habis diterjang air Sungai Aek Sirahar.

“Ironisnya, pondasi tersebut sudah tergantung, sedangkan air sungai terus mengalir dari bagian bawah pondasi dan dikwatirkan akan segera ambruk bila dibiarkan. Apalagi jembatan ini adalah satu-satunya jalan yang menghubungkan desa ini ke ibukota Kecamatan Barus. Jika jembatan ini ambruk, maka hubungan transportasi masyarakat ke Ibukota Kecamatan Barus putus total dan ratusan orang anak sekolah yang setiap hari melintasi jalan ini terancam tidak bisa pergi ke sekolah,”ujarnya.

Menurutnya, pembangunan tanggul Sungai Aek Sirahar baru saja selesai dikerjakan pihak kontraktor yang menggunakan dana dari APBD Tapteng Tahun Anggaran 2009 sepanjang 200 meter guna penahan banjir di hulu Jembatan Gantung.

Di tempat terpisah, Camat Barus Sehat Munte saat dikonfirmasi membenarkan jembatan gantung di Dusun Pasar Baru, Kelurahan Padang Masiang dengan Desa Ujung Batu, Kecamatan Barus nyaris ambruk di terjang sungai Aek Sirahar. Dan pihaknya sudah melaporkan hal tersebut secara langsung kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan bapak Bupati Tapteng dengan melampirkan foto–foto jembatan.

“Kita sudah sampaikan hal ini kepada Bupati Tuani Lumbantobing serta Dinas PU Tapteng dan dalam waktu dekat segera dilakukan perbaikan. Bila jembatan ini tidak segera di atasi, dikhawatirkan jembatan gantung akan ambruk total dan kerugian material diperkirakan lebih besar lagi,”tandasnya. jas

No comments:

Post a Comment