Sunday, January 17, 2010

LP Tanjung Gusta bantah diskriminasi tahanan





ALIAN NAFIAH SIREGAR
WASPADA ONLINE


MEDAN - Lembaga Pemasyarakatan kelas I Tanjung Gusta Medan, selalu membina para warga binaan dan tidak pernah melakukan diskriminasi terhadap beberapa pihak tertentu. Hal ini disampaikan Samuel Purba, kepala LP kelas I Tanjung Gusta Medan, pada Waspada Online, malam ini.
Dikatakannya, sebagai upaya membina para warga binaan agar menjadi lebih baik lagi kedepannya, mereka selalu ditempatkan ditempat yang sama dan sama sekali tidak ada perbedaan diantara mereka. Hal ini karena LP Tanjung Gusta menjunjung tinggi prinsip bahwa semua orang sama dihadapan hukum.

“Jika dilakukan perbedaan sudah dapat dipastikan menimbulkan kecemburuan antara sesama warga binaan. Jadi adanya pemberitaan disalah satu media yang menyatakan Lembaga Permasyarakatan kelas I Tanjung Gusta Medan melakukan diskriminisasi terhadap warga binaan sama sekali tidak benar,” jelasnya.

Diutarakannya, kemungkinan media yang membuat berita, tersebut tidak paham membedakan antara Lembaga Permasyarakatan kelas I Tanjung Gusta Medan, dengan Rutan Tanjung Gusta.

Rutan Tanjung Gusta merupakan rumah tahanan negara tempat penitipan para terdakwa yang diduga bersalah, tapi belum memiliki kekuatan hukum tetap atau keputusan dari pengadilan apakah terdakwa bersalah apa tidak.

“Jadi wajarlah jika ada perbedaan antara warga binaan dengan dengan terdakwa yang belum memiliki keputusan tetap dari pengadilan,” jelasnya.

Lanjutnya, tempat penitipan terdakwa berbeda dengan Lembaga Permasyarakatan kelas I Tanjung Gusta Medan, hanya saja namanya hampir sama. Hal inilah yang menjadi polemik di media. “Jadi, saya harap dengan adanya pemberitaan di Waspada Online masyarakat bisa cerdas mencermatinya, agar tidak salah mengartikan sebenarnya,” harapnya.

Editor: Amir Syarif Siregar
(dat06/wol-mdn)

No comments:

Post a Comment