Friday, January 8, 2010

Pujakesuma Telah “Kantongi” Enam Nama Bakal Calon Walikota Medan

Medan, (Analisa)

Berdasarkan kriteria yang disusun, tim penjaringan Pilkada Medan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pujakesuma, telah menginventarisi enam nama bakal calon Walikota Medan priode 2010-2015 yang layak didukung oleh Pujakesuma. Ke-enam nama tersebut terdiri dari tiga dari etnis non-Jawa dan tiga lainnya berasal dari keluarga besar Pujakesuma.

Sekjen DPP Pujakesuma, Choking Susilo Sakeh, kepada wartawan, Senin (4/1) menjelaskan, nama-nama bakal calon Walikota Medan tersebut terpilih dalam nominasi yang bakal didukung karena memenuhi kriteria yang disusun oleh Pujakesuma. Kriteria tersebut antara lain, selama ini punya kepeduliannya yang besar terhadap etnis Jawa, hubungan pribadinya dengan komunitas Jawa selama ini cukup akrab, dan lainnya.

Andai salah satu dari enam nama tersebut ikut mendaftar pada Pilkada Medan, Pujakesuma akan memberikan dukungan total dan mengajak seluruh etnis Jawa di Medan untuk bersama-sama memberikan dukungan.

Meski demikian, Pujakesuma tetap akan melakukan kontrak politik dengan bakal calon tersebut. Antara lain jika bersangkutan memenangkan Pilkada Medan, maka kepeduliannya kepada etnis Jawa harus lebih ditingkatkan.

Meski enggan menyebut ketiga nama balon Walikota Medan dari etnis non-Jawa yang layak didukung, Choking akhirnya mau membocorkannya meski hanya menyebut satu nama. “Salah satunya adalah Rudolf Pardede, mantan Gubernur Sumut yang saat ini menjadi anggota DPD RI. Rudolf dinilai figur etnis non-Jawa yang punya kepedulian besar kepada etnis Jawa, selain itu Rudolf juga akrab dengan komunitas Jawa di kota ini,” ujar Choking.

Tiga Nama

Menyangkut tiga nama balon Walikota Medan dari etnis Jawa yang dianggap paling layak mewakili komunitas masyarakat Jawa untuk maju pada Pilkada Medan, Choking menyebutkan ketiga nama tokoh etnis Jawa tersebut bisa dicalonkan menjadi Walikota Medan atau Wakil Walikota Medan. “Semuanya tergantung perkembangannya.”

Ketiga nama tersebut, tegas Choking, dinilai punya kredibilitas teruji, cukup berpengalaman dengan jejak rekamnya yang mumpuni. Selain itu, mereka juga cukup akrab dengan kumunitas Jawa di Kota Medan.

“Satu dari ketiga figur etnis Jawa yang kami nilai layak maju pada Pilkada Medan adalah Sigit Pramono Asri, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sumut,” katanya, seraya menyebutkan dua nama lainnya masih dirahasiakan.

Choking menjelaskan, pada saatnya nanti Pujakesuma akan all-out memenangkan pasangan Calon Walikota Medan/Wakil Walikota Medan 2010-2015 yang diputuskan didukung oleh Pujakesuma.

Ditanya alasan harus mendukung calon Walikota Medan, Choking mengatakan etnis Jawa merupakan mayoritas warga Medan. Selain itu, etnis Jawa sudah berperan jauh sebelum Kota Medan didirikan oleh Guru Patimpus, juga berperan aktif dalam masa kemerdekaan. Bahkan, salah seorang yang mengajarkan agama Islam kepada Guru Patimpus adalah guru agama dari Jawa. “Berdasarkan sejarah Kota Medan, wajar jika etnis Jawa di Medan memanfaatkan moment pilkada kali ini untuk menjagokan warganya memimpin Kota Medan,” tegas Choking. (sug)

No comments:

Post a Comment