Friday, January 8, 2010

Tahanan Lapas Teluk Dalam Kabur

Jumat, 8 Januari 2010
Banjarmasin (ANTARA News) - Satu orang tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Dalam Banjarmasin, Kalimantan Selatan, kabur saat jam besuk tamu tahanan.

Kepala Keamanan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, Sarwito, Jum`at mengatakan, ada satu tahanan Lapas Teluk Dalam telah kabur atau melarikan diri.

Kaburnya tahanan yang bernama Taufik Sidqi alias sidiq (30) warga jalan Trans Kalimantan KM 7,5 Kapuas Timur Anjir Serapat, dan Baru diketahui pada hari Kamis (7/1), lanjutnya.

Setelah petugas piket keamanan Lapas Teluk Dalam melakukan pemeriksaan sebanyak dua kali terhadap para penghuni tahanan Lapas tersebut.

Sehingga dari pemeriksaan sebanyak dua kali itu diketahui bahwa tahanan penghuni blok A14 yang bernama Sidqi telah melarikan diri dan diperkirakan pada pukul 11:45 wita tahanan tersebut kabur.

Sidqi adalah tahanan dengan status titipan Pengadilan Negeri Banjarmasin pada kasus psikotropika yang dikenakan pasal 71 (1) jo 62 UU No 5 Tahun 1997 dan baru menjalani sidang satu kali atas perkara dari perbuatannya.

Bukan itu saja tahanan yang bernama sidqi itu telah dilakukan penahan oleh pihak Pengadilan Negeri di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin selama kurang lebih dua bulan, jelasnya.

Sarwito kepala keamanan yang terlihat murah senyum itu menuturkan kemungkinan tahanan yang bernama sidqi tersebut kabur pada saat menemui tamu yang sedang membesuknya.

Atas kejadian tersebut pihak Lapas Teluk Dalam terus melakukan upaya pencarian terhadap tahanan yang kabur itu.

Upaya yang dilakukan oleh pihak Lapas Teluk Dalam untuk menangkap tahanan yang kabur itu dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap teman satu blok atau sekamarnya, memeriksa cctv Lapas Teluk Dalam, lanjutnya.

Melakukan kerjasama dengan pihak kepolisian, mendatangi pihak keluarga dan teman-teman sidqi tahanan yang kabur itu, serta memasukan sidqi kedalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan terakhir melakukan penyebaran foto tahanan tersebut melalui media atau surat kabar, katanya.

Dengan kejadian ini pihak Lapas Teluk Dalam Banjarmasin segera memerintahkan kepada seluruh petugas keamanan agar keamanan setiap tahanan dan narapidana lebih ditingkat lagi, demikian Sarwito.
(*)

No comments:

Post a Comment