Friday, October 30, 2009

Puluhan Rumah Terendam Banjir di Medan




MEDAN(Msi) - Puluhan rumah di Sei Mati, Kecamatan Medan Baru, Medan, terendam banjir akibat luapan Sungai Babura. Air sungai meluap lantara hujan yang turun beberapa jam sejak Rabu malam.

Banjir seperti ini selalu datang setiap tahun pada musim hujan. Karena daerah tersebut memang berada di lokasi yang lebih rendah. Begitu juga beberapa kawasan di sekitar daerah Padang Bulan berada di seberang sungai tersebut.

"Memang sering banjir di sini, setiap tahun. Tadi pagi sampai dua meter. Rumah terendam semua," ujar Edy, salah seorang warga, Kamis (30/10/2009).

Namun pemerintah sendiri hingga saat ini belum memberikan solusi untuk mengatasi banjir. Padahal sudah beberapa kali warga menyampaikannya kepada pejabat Pemerintah Kota Medan.

Hingga Kamis siang, warga masih sibuk memindahkan barang-barangnya ke tempat yang lebih tinggi dan kering sambil menunggu air surut. Mereka sendiri tidak berniat untuk mengungsi, karena sudah terbiasaRatusan Rumah Terendam Banjir di Medan Hujan deras yang mengguyur kota Medan sejak Rabu malam, mengakibatkan ratusan rumah di kawasan bantaran Sungai Deli terendam banjir, Kamis (29/10/2009). Ketinggian air di beberapa kawasan mencapai dua meter.

Selain dikarenakan hujan deras di Medan, banjir juga dipicu hujan deras di daerah hulu sungai sepanjang malam hingga Sungai Deli tidak dapat menampung debit air.

Pada Kamis siang air mulai surut di pemukiman warga di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Baru. Namun warga belum berani kembali ke rumah, karena khawatir datangnya banjir susulan.

Salah seorang warga, Dewi mengatakan, banjir mulai menggenangi pemukiman warga sejak Kamis sekitar pukul 01.00 WIB dinihari. Mereka terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

"Banyak juga yang mengungsi ke rumah saudara-saudaranya di tempat lain. Sudah sering seperti ini, asal hujan di hulu dan di Medan, pasti banjir," kata Dewi.(INT)

No comments:

Post a Comment