Thursday, October 29, 2009

Progaram Jamkesmas dan JPKMS Tak Sentuh Warga Medan

MEDAN (msi) - Jaminan kesehatan masyarakat di Kota Medan benar-benar belum merata, hal ini terbukti dimana warga sulit melakukan perobatan ke Rumah Sakit.
Siti Hamidah warga Kelurahan Terjun dan Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Kamis (29/10) kepada wartawan mengungkapkan kesedihannya dimana dia tidak bisa membawa anaknya Ali Imran (9) yang menderita hernia.
Iapun mengungkapkan kesedihannya karena tak mampu membawa anaknya berobat ke rumah sakit akibat ketiadaan biaya.
“Itu makanya kami sangat berharap kartu Jamkesmas,” katanya sedih sembari memperlihatkan bagian alat kelamin anaknya yang mengalami pembengkakan.
Raut sedih dan penuh harapan juga terpancar dari wajah warga lainnya, yang siang tadi datang ke DPRD Medan, namun belum mendapatkan hal yang diinginkan. Terkait permasalahan Jaminan Kesehatan Masyarakat (JPKMS) yang tak menyentuh warga Kelurahan Terjun dan Kelurahan Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan.
Lurah Tanah 600, Kecamatan Medan Marelan, Irwansyah Lubis ketika dikonfirmasi seputar warganya tidak mendapatkan kartu Jamkesmas dan JPKMS, malah mengatakan permasalahan itu bukan urusan mereka. Karena pihaknya tidak ada diberikan tugas untuk mendata warganya.

“Kita hanya menyalurkan kartu Jamkesmas dan JPKMS kepada warga yang diberikan pihak BPS. Karena mereka langsung (pihak BPS-red) yang mendata warga, apakah berhak mendapatkan atau tidak. Jadi di luar itu bukan urusan dan tanggung jawab kita,” ungkapnya singkat dan langsung menutup handphonenya.(Gus)

No comments:

Post a Comment