Friday, October 30, 2009

Delapan Kapolda Lakukan Serah Terima Jabatan

JAKARTA--MSI :
Sebanyak delapan kapolda melakukan serah terima jabatan di Mabes Polri.
Kedelapan kapolda di jajaran Polri itu berasal dari Papua, Sumsel, Lampung, Jambi, Kalteng, Jatim, Sulut, dan Sumbar. Acara serah terima jabatan dipimpin langsung oleh inspektur upacara Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri.

"Dan bisa melakukan percepatan trust building dan pengubahan perilaku anggota Polri menjadi profesional, jujur, dan baik," ujar Kapolri. Ia juga mengingatkan agar para kapolda memerangi tindak pidana apapun di daerahnya masing-masing. "Tidak ada kompromi bagi pelaku tindak pidana," tegas Bambang.

Kedelapan kapolda yang melakukan serah terima jabatan adalah Kapolda Papua Irjen Bagus Eko Danto digantikan Brigjen Bekto Suprapto. Pemberhentian dan pengangkatan ini tertuang dalam Skep Kapolri No.488/X/2009 tertanggal 17 Oktober 2009. Sebelumnya, Brigjen Bekto Suprapto menduduki jabatan Kapolda Sulut yang kini diisi Brigjen Hertian A Yunus, dari Badan Intelkam Polri.

Kapolda Lampung Brigjen Ferial Manaf diganti oleh Brigjen Edmon Ilyas, Direktur Serse Ekonomi Bareskrim Polri. Sedangkan jabatan Edmon diisi oleh Kombes Raja Erizman, yang sebelumnya menjabat Wadir Kamtranas Bareskrim Polri.

Kapolda Jatim Irjen Anton Bachrul Alam dimutasi menjadi staf ahli. Sedangkan penggantinya Brigjen Pratiknyo. Kapolda Sumsel Irjen Sisno Adiwinoto diganti oleh Brigjen Hasyim Irianto. Sedangkan Sisno menjadi staf ahli Kapolri.

Kapolda Jambi Brigjen Budi Gunawan menjadi Kadiv Pembinaan Hukum Polri dan naik bintang dua. Yang menjadi Kapolda Jambi adalah Brigjen Sulistyono.

Kapolda Kalteng diisi oleh Brigjen Damianus Jeki. Sedangkan kapolda sebelumnya, Brigjen Syamsu Rizal, naik pangkat menjadi Irjen dan bertugas sebagai Widiaswara Sespimpol (Sekolah Staf dan Pimpinan Polri). Sedangkan Kapolda Sumbar Brigjen Wahyu Daili digantikan oleh Brigjen Andayono. (int)

No comments:

Post a Comment