Monday, December 13, 2010

Menhut Canangkan Penanaman 1 Miliar Pohon di Bengkalis

Ditanam 27 Ribu Bibit,

Kabupaten Bengkalis mendapat kehormatan menjadi tempat pencanangan penanaman 1 miliar pohon. Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan langsung datang menjadi pencanang.

Riauterkini-BENGKALIS- Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan canangkan menanam 1 milyar pohon di Kabupaten Bengkalis. Secara simbolis gerakan menanam ini berlangsung di halaman Kampus Politeknik Bengkalis Minggu (12/12/10) pagi tadi. Ditandai dengan pemukulan gong dan penandatangani prasasti, untuk Kabupaten Bengkalis kegiatan ini secara serentak akan ditanam sebanyak 27.500 batang bibit berbagai jenis pohon.

Kegiatan ini juga memberikan bantuan kepada sedikitnya 11 kelompok pengelola kebun bibit rakyat (KBR) yang ada di Kabupaten Bengkalis. Masing-masing diberikan dana pengelolaan sebesar Rp 50 juta.

Dalam sambutan Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, mengungkapkan untuk mendukung kegiatan gerakan menanam pohon ini secara bertahap Pemkab Bengkalis memberikan bantuan ke sejumlah elemen masyarakat berupa bibit pohon. Ditargetkan tahun ini akan tertanam capai 800 ribu batang berbagai jenis. Seperti bantuan ke KBR sebanyak 550 ribu bibit, mangrove sebanyak 240 ribu bibit, kelompok masyarakat 21 ribu bibit, dan penanaman pohon di kawasan perkotaan sebanyak 13.500 bibit. Bupati juga mengharapkan rencana tata ruang wilayah propinsi (RT/RWP) segera dapat direalisasikan di daerah.

“Penanaman pohon ini sudah seharusnya dilakukan oleh segenap masyarakat. Pemkab Bengkalis guna mendukung kegiatan ini memberikan bantuan kepada sejumlah elemen masyarakat. Dan diharapkan semua tempat baik lahan tidak digarap dan terlantar ditanam kembali dengan bibit pohon. Serta RTRWP untuk propinsi diharapkan dapat segera dituntaskan,” ujarnya di hadapan hadirin.

Sementara itu, Menteri Kehutanan RI Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengaku kecewa. Sesaat meluncur ke Bengkalis melalui udara, ekploitasi hutan secara sporadis masih ditemui di kawasan Propinsi Riau dengan cara ditebang dan dibakar begitu saja. Zulkifli Hasan mengingatkan bahwa hutan lindung daerah seperti cagar biosfer adalah tanggungjawab bersama khususnya pemerintah daerah. Dan meminta aparat penegak hukum secara tegas menindak pelaku perusak hutan yang dilakukan tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan.

“Masih ada eksploitasi hutan yang ditebang dan dibakar begitu saja. Hutan lindung di daerah ini adalah tanggungjawab daerah. Pemda dan aparat minta betul kerjasamanya. Kita berharap hutan kedepan lebih memprioritaskan kepada kepentingan rakyat. Kita kembangkan hutan rakyat, hutan produksi untuk rakyat sehingga masyarakat betul-betul merasakan manfaatnya,” katanya.

Turut hadir pencanangan penanaman 1 milyar pohon ini, Dirjen Bina Pengelola DAS dan Perhutanan Sosial Kemenhut RI, Wakil Bupati Bengkalis Suayatno, Ketua DPRD Bengkalis Indra Gunawan, unsur Muspida dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bengkalis serta sejumlah undangan lainnya.

No comments:

Post a Comment