Tuesday, December 14, 2010

Jumlah Hutan Mangrove Kritis di Indonesia 3,25 Juta Hektar


Jakarta - Jumlah hutan mangrove di Indonesia totalnya mencapai 7,76 juta hektar. Dari jumlah total itu, sedikitnya 3,25 hektar kondisinya kritis.

"Hutan mangrove di Indonesia saat ini tercatat 7,76 juta hektar, kritis 3,25 hektar," kata Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Hal tersebut dia katakan saat memberi sambutan di acara Gerakan Perempuan Tanam dan Pelihara 2010 dan konferensi dan pameran nasional penyelamatan hutan pantai dan peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir di Gedung Manggala Wanabakti Departemen Kehutanan, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Rabu(23/11/2010).

Karena itu, Menhut berharap konferensi yang sedang berlangsung tersebut mampu melahirkan gagasan dan pemikiran baru untuk mempercepat perbaikan dan pelestarian lingkungan, khususnya hutan pantai dan hutan mangrove.

Pemerintah, menurut Zulkifli, memberi akses seluas-luasnya kepada masyarakat
dengan memberikan cadangan kawasan hutan untuk masyarakat. Tahun ini saja, 600 ribu hektar kawasan hutan dikelola oleh masyarakat pesisir dalam bentuk hutan tanaman rakyat dan hutan desa.

Namun demikian, dia berpesan kepada masyarakat yang mengelola kawasan hutan di sekitar pantai harus hati-hati betul karena kawasan tersebut biasanya rentan.

"Perlu hati-hati apabila akan memanfaatkan hutan pantai dan mangrove, karena
ekosistem rentan," pinta politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Zulkifli mengatakan banyak manfaat yang bisa diperoleh dari hutan pantai atau mangrove. Selain bisa menahan abrasi dan tsunami, hutan pantai bisa menjadi habitat satwa, sumber energi serta tempat wisata.

(anw/gun)

No comments:

Post a Comment