Saturday, February 13, 2010

ALOKASI DANA SUMBER DAYA AIR TAHUN 2010 Rp8,9 TRILIUN

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Mochammad Amron, Kamis (11/2) melakukan Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Dalam RDP tersebut dibahas pencapaian program sumber daya air tahun 2005 - 2009 serta pemaparan program tahun 2010. Dalam RDP juga mendengar penjelasan dari Direktur Perum Jasa Tirta I Tjuk Waluyo yang membawahi pengelolaan daerah aliran sungai Brantas, Bengawan Solo dan Direktur Perum Jasa Tirta II Djendam Gurusinga yang membawahi pengelolaan DAS Citarum, Waduk Djuanda Jatiluhur, Cirata dan Saguling.



Dalam pemaparannya, Plt Dirjen SDA Moch. Amron menyampaikan beberapa capaian program 2005 – 2009 yang telah dilakukan oleh Kementerian PU. Diantaranya rehabilitasi jaringan irigasi yang dilakukan Kementerian PU berhasil melebihi target yakni dengan area seluas 1,9 juta hektare dari target Renstra PU 1,5 juta ha. Rehabilitasi jaringan rawa dari taget 800 ribu ha menjadi 923 ribu ha, pembangunan 11 waduk, 443 embung dan pembangunan sarana pengendali banjir untuk mengamankan kawasan seluas 10 ribu ha. Kementerian PU juga melakukan pembinaan dan peningkatan peran serta pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengelolaan prasarana sumber daya air misalanya melalui Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), GNKPA dan pemberdayaan masyarakat sekitar waduk.



Sementara itu untuk tahun 2010, Kementerian PU mengalokasikan dana sebesar Rp8,9 triliun dibidang SDA. Program pengembangan dan pengelolaan jaringan irigasi dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional mendapat porsi terbesar dengan alokasi dana sebesar Rp3,2 triliun. Pengembangan, pengelolaan dan konservasi sungai, danau, dan sumber air lainnya sebesar Rp2,1 triliun, pengendalian banjir dan pengaman pantai sebesar Rp1,9 triliun, penyediaan dan pengelolaan air baku sebesar Rp1,09 trilun dan sisanya untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.



Beberapa sasaran di tahun 2010 adalah pembangunan 7 buah waduk, 45 embung, peningkatan 117 ribu ha jaringan irigasi, operasi dan pemeliharaan pada 2,3 juta jaringan irigasi, 83 ribu jaringan rawa, pembangunan pengendali banjir sepanjang 205 km dan pembangunan pengaman pantai sepanjang 32,6 Km. Alokasi yang diperoleh tahun 2010, lebih kecil dibandingkan dengan usulan skenario pendanaan moderat yang disampaikan Kementerian PU untuk pemantapan infrastruktur SDA yakni sebesar Rp17 triliun.

(gt)

No comments:

Post a Comment