Wednesday, February 24, 2010

Terminal Rawasari Memprihatinkan Fasilitas Minim, Papan Trayek Tak Punya




JAMBI – Kondisi terminal Rawasari hingga saat ini masih memprihatinkan. Selain tempat penumpang menunggu kendaraan yang tak dipunyai, juga papan trayek yang tak ada. Hal inilah yang dikhawatirkan oleh Kadis Perhubungan Kota Jambi, A Pinem.

Kepada Koran ini, kemarin, dia menyampaikan, ingin menghidupkan kembali fungsi terminal itu sesuai dengan Keputusan Menteri No 31.

“ Seharusnya di terminal ada tempat tunggu penumpang. Sehingga bila hujan, tak kehujanan. Begitu juga kalau panas tak kepanasan. Tidak hanya itu juga harus ada papan trayek, terminal kita ini tak memiliki semuanya itu,” ujar Pinem.

Tetapi hal itu bukanlah kendala bagi pihaknya dan hal ini di buktikan dengan memasang sejumlah tenda yang digunakan untuk penumpang menunggu angkot. Dia berharap dengan dipasangnya tenda tersebut , tidak ada lagi penumpang yang menunggu di luar terminal.

Peran dari masyarakat atau pengguna Angkot memiliki peran penting dalam ketertiban terminal, sebab tanpa ada peran serta masyarakat maka kondisi terminal tak akan berubah.

“Kalau penumpangnya masih menunggu diluar tentu Angkotnya juga akan menaikan penumpang diluar, untuk itu kita himbau kepada penumpang untuk naik kendaraan di dalam terminal,” tambahnya.

Pinem juga mengatakan bahwa fungsi terminal bukan sebagai tempat Angkot untuk mangkal menunggu penumpang.

“ Kalau masuk ke terminal dan menurunkan penumpang, kendaraan tetap berjalan pelan setelah membayar retribusi harus langsung menuju kemana tujuannya,” tukasnya sambil mengatakan bahwa disitulah perlu adanya terminal penyangga. Dimana terminal penyangga akan mengatur jadwal keberangkatan apakah setiap lima menit atau lebih. Dia juga menyayangkan adanya genangan air yang berada dalam terminal.

“ Segera kita akan koordinasi dengan Dinas PU bagaimana air tersebut tidak lagi menggenangi sengan memperbaiki drainasenya,” akhirnya.

(cr1)

No comments:

Post a Comment