Saturday, February 20, 2010

Sejumlah Kepsek Terancam Diganti kabupaten muarao tebo

Ditulis oleh amu/rib
Jumat, 19 Februari 2010

Kinerja Tidak Memuaskan

MUARATEBO - Sejumlah kepala sekolah (kepsek) di lingkungan Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan olahraga (Dikbudpora) Tebo, dalam waktu dekat bakal diganti. Hal itu terkait buruknya kinerja beberapa kepsek. Hal itu diutarakan Kepala Dinas Dikbudpora Tebo, Abubakar, kemarin (18/2).

Saat ini pihaknya telah mengantongi beberapa nama kepsek yang bakal diganti. “Ini adalah hasil evaluasi,” katanya. Evaluasi itu sendiri, berdasarkan laporan dari pengawas yang ditugaskan untuk mengontrol sekolah-sekolah. Dan ternyata, ada sejumlah sekolah prestasinya terus menurun.

Padahal menurut Abubakar, semua sekolah di Kabupaten Tebo diharapkan prestasinya menanjak. “Kondisi buruk di sebuah sekolah tidak bisa dibiarkan, kalau kepala sekolahnya dianggap tidak sanggup, maka kita akan langsung ganti,” ujarnya.

Namun Abubakar belum dapat mengumumkan kepala sekolah mana saja yang akan diganti. “Yang jelas mulai dari SD sampai SLTA,” terangnya.

Mengenai kapan pergantian, Abubakar hanya menyatakan dalam waktu dekat, “Yang jelas tahun 2010 banyak kepala sekolah yang diganti,” terangnya.

Menurunnya kinerja dari sejumlah Kepsek ini, menurutnya karena para kepsek sudah lama memangku jabatan sebagai kepala sekolah. “Rata-rata sudah jenuh dengan tempatnya memimpin, tetapi ada juga yang malas-malasan bekerja,” ungkapnya.

Kondisi itu akan berdampak terhadap aktivitas belajar mengajar di sekolah. Sehingga prestasi siswa bisa menurun. Menurutnya, pihaknya sudah sering memperingati kepsek yang jarang sekali berada di sekolah. “Kalau yang itu telah kita beri peringatan keras karena selalu melanggar,” tambahnya.

Selain dicopot, sebagian kepala sekolah juga akan ada yang dirolling. Ini menurutnya untuk menumbuhkan semangat baru kepada sekolah. Sekaligus untuk melihat sejauh mana kemampuan kepala sekolah tersebut. “Di suatu tempat dia bagus, lalu ditempatkan pada sekolah lain hasilnya buruk, ini akan menjadi catatan sendiri bagi kita,” tandasnya.(amu/rib)

No comments:

Post a Comment